Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Penggunaan Model TGfU Meningkatkan Motivasi Belajar dan Waktu Aktif Siswa di SMK Negeri 7 Malang

13 Oktober 2024   20:34 Diperbarui: 13 Oktober 2024   20:45 27 0
Malang, 13 Oktober 2024 -- Penelitian terbaru di SMK Negeri 7 Malang menunjukkan bahwa metode Teaching Games for Understanding (TGfU) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan Academic Learning Time (ALT) atau waktu aktif belajar siswa. Penelitian ini dilakukan oleh tim dari Universitas Negeri Malang, yang terdiri dari Novita Suci Romadhona, S.Pd., Rama Kurniawan, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Arief Darmawan, S.Pd., M.Pd., AIFO dengan melibatkan siswa kelas XI di SMK Negeri 7 Malang yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Model TGfU, yang dirancang untuk menggabungkan unsur taktik dan teknik permainan, terbukti berhasil menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan. Pendekatan berbasis permainan ini membantu siswa memahami konsep secara mendalam, meningkatkan keterampilan fisik, serta mengaktifkan kognisi mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada motivasi intrinsik dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran di kelas eksperimen.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun