Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Budaya 'FOMO' Mempengaruhi perilaku Konsumsi Anak Muda

12 Januari 2023   21:59 Diperbarui: 12 Januari 2023   22:07 373 0
YOGYAKARTA - Secara sosial, generasi milenial atau generasi anak muda masa kini selalu berusaha untuk terhubung satu sama lain melalui berbagai tindakan yang dilakukannya. Salah satu tindakan interaksi tersebut dilakukan melalui sosial media yang kemudian menghadirkan berbagai tren baru. Salah satunya adalah tren FOMO. Fear of Missing Out atau yang biasa disebut FOMO menurut Akbar (2018) merupakan sebuah perasaan kekhawatiran atau kecemasan sosial yang seringkali dirasakan oleh seorang individu melalui keinginannya untuk mampu terus terhubung dengan hal yang dilakukan orang lain. Dalam kata lain, kecemasan sosial ini akan mendorong seorang individu untuk melakukan hal yang sama dengan orang lain agar tetap bisa terhubung satu sama lain. Kecemasan ini sejujurnya memberi dampak negatif terhadap remaja, terutama karena mereka akan seringkali merasa rendah diri, tidak percaya diri, hingga depresi karena khawatir akan mendapat respon negatif apabila tidak melakukan hal sama yang dilakukan orang lain.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun