Mohon tunggu...
KOMENTAR
Lyfe

Generasi Milenial sebagai Penggerak Tren Halal Lifestyle

29 Maret 2022   12:31 Diperbarui: 29 Maret 2022   12:32 1020 1
Bagi banyak orang, terutama kaum milenial, tren halal telah menjadi gaya hidup yang lumayan kontroversial saat ini. Gaya hidup halal biasanya hanya berfokus pada sektor makanan dan minuman, tetapi kini semakin meluas ke berbagai sektor seperti fashion, kosmetik, pariwisata dan bahkan keuangan. Dengan berkembangnya gaya hidup baru ini tentunya menjadi peluang yang perlu dipahami oleh para pelaku bisnis khususnya di Indonesia, dimana mayoritas masyarakatnya beragama islam.

Indonesia sendiri sudah mulai memasuki era bonus demografi, yang di mana jumlah penduduk usia produktif di Indonesia cukup banyak. Generasi ini biasa disebut sebagai generasi milenial. Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya produk halal bagi generasi milenial dipandang sebagai modal awal untuk meningkatkan ekonomi syariah di Indonesia.

Generasi milenial sering juga disebut sebagai "digital native" atau generasi yang melek akan teknologi digital. Sehingga tidak jarang dari mereka yang selalu mengabadikan momen dan membagikannya di sosial media. Hal tersebutlah yang dapat mendorong pergerakan tren dari masa ke masa. Sama halnya seperti tren halal lifestyle saat ini, kaum milenial juga turut andil sebagai penggerak dimasing-masing sektor tren tersebut.

Makanan dan minuman Halal
Dari segi makanan dan minuman, sudah bukan rahasia lagi kalau banyak restoran ternama Indonesia yang kebanyakan bersertifikat halal. Dan memang benar bahwa kaum milenial memiliki pangsa pasar untuk merek makanan dan minuman ternama. Bahkan, tidak hanya restoran besar yang memiliki sertifikasi halal, tetapi warung-warung pinggir jalan di kelas menengah ke bawah juga mengusung logo sertifikasi halal. Selain merek makanan dan minuman Halal di pasar atau offline store, kini terdapat juga marketplace online Halal dan aplikasi yang memungkinkan memesan makanan atau minuman Halal yang dengan mudah dikenali oleh generasi milenial.

Fashion Halal
Dari segi fashion, generasi milenial saat ini yang mayoritas muslim menggunakan hijab. Tidak hanya busana islami yang banyak dicari, namun banyak kaum milenial yang mencari busana yang lebih modern yang dapat digunakan dengan hijab. Selain busana hijab yang semakin beragam, banyak pula event fashion yang menampilkan fashion islami yang disaksikan tidak hanya oleh komunitas Islam tetapi juga oleh komunitas non-Islam.

Kosmetik Halal
Dari segi kosmetik Halal, tidak heran jika permintaan akan berbagai jenis kosmetik dan perawatan kulit masih terus meningkat, mulai dari wanita milenial hingga pria. Saat menggunakan kosmetik dan produk perawatan kulit, orang pasti tidak ingin memilih produk yang abal-abal. Mereka para generasi milenial sudah mengerti bahwa skincare/kosmetik yang baik adalah yang berizin BPOM dan tersertifikasi halal. Dengan persetujuan BPOM dan Sertifikasi Halal, produk kosmetik dan produk perawatan kulit dipastikan tidak terbuat dari bahan berbahaya dan nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Contoh kosmetik halal yang tidak luput dari penggunaan kaum milenial adalah produk Wardah yang sudah menjadi brand besar dan dikenal masyarakat luas.

Pariwisata Halal
Daru segi pariwisata halal, Indonesia sangat diminati oleh wisatawan domestik dan asing. Hal ini terlihat dari banyaknya tempat wisata yang sudah mendukung konsep wisata halal dari segi akomodasi dan restoran. Selain itu, di masa pandemi ini, kaum milenial dapat dengan mudah berwisata ke tempat-tempat yang menyenangkan dan aman. Kini melalu promosi yang ada dimedia sosial, tempat-tempat wisata halal menjadi banyak dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, generasi milenial yang melek digital tidak asing lagi dengan iklan halal yang ada di tempat-tempat wisata. Dimasa sekarang sudah bisa mengecek kenyamanan perjalanan Halal atau lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi.

Keuangan Halal atau Syariah
Dari segi Keuangan, keakraban generasi Milenial dengan ekonomi syariah tercermin dari banyaknya masyarakat yang bertransaksi di Bank Syariah Indonesia (BSI). Karena BSI saat ini sudah sama canggihnya dengan bank-bank lainnya. Selain itu, Bank Syariah Indonesia menyasar kaum milenial, mengepakkan sayapnya baik melalui penggunaan aplikasi, layanan perbankan, maupun kemudahan bertransaksi.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun