Cukup aneh, ketika kehadapan kita sekonyong-konyong disodorkan isu pemanasan global (
global warming), efek rumah kaca, perubahan iklim (
climate change), neraca karbon dll., banyak dari kalangan pendidikan sungguh-sungguh menganggap isu-isu itu adalah isu-isu untuk negara-negara maju, bukan masalah kita. Kenapa? Karena kurikulum MIPA dalam KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dewasa ini sedikit sekali menyinggung masalah perkembangan mutakhir dari isu-isu lingkungan hidup. Seolah-olah melalui pengetahuan mengenai siklus air dan penghijauan, semua masalah lingkungan hidup dapat diatasi, seperti banjir, tanah longsor, bencana kekeringan, intrusi air laut dan menyusutnya cadangan air bersih. Bahkan mata kuliah AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) sekarang ini hanya menjadi mata kuliah pilihan di FMIPA di Perguruan Tinggi.
KEMBALI KE ARTIKEL