Fenomena yang salah satunya dalam bentuk belanja secara online itu, ditangkap sebagai peluang oleh berbagai kelompok dan bidang usaha, utamanya sektor UMKM yang oleh pemerintah selalu didukung secara penuh melalui berbagai kebijakan-kebijakan ekonomi yang berpihak pada UMKM dan masyarakat.
Salah satu k egiatan belanja online secara masal yang  sudah berjalan lebih dari satu dekade adalah Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang sejak awal diinisiasi oleh Indonesian E-Commerce Association (idEA) dan diperingati setiap tanggal 12 Desember. Kegiatan ini menjadi indikasi bahwa inisiatif yang terus meningkat tersebut secara nyata telah menjadi bagian dari denyut nadi ekonomi digital Indonesia dari tahun ke tahun. Â
"Data NielsenIQ mengungkapkan bahwa  masyarakat Indonesia kian gemar belanja yang itu sekaligus juga menujukkan bahwa daya beli masyarakat masih cukup bagus.  Ini bisa terlihat sejak dari dari fast moving consumer goods sampai Q3 yang masih tumbuh 1,1% secara year on year.  Ini menjadi indikator bahwa  konsumsi dalam negeri masih naik.