Dan+Dan Health & Beauty Store, dalam perayaan ultah keduanya yang dikemas dalam bentuk pameran dan aneka kegiatan selama 10 hari di Depok Town Square (Detos), kalau saya perhatikan banyak melibatkan blogger. Rupanya toko yang isinya didominasi produk kecantikan ini melek medsos dan percaya blogger punya kekuatan jitu penyebar pesan baik.
Dari rundown kegiatan yang saya terima dari pihak Dan+Dan, ada sesi talkshow yang kalau tidak diisi oleh produk kecantikan, ya diisi oleh blogger. Ada dua kali talkshow yang melibatkan blogger dengan dua topik berbeda. Tanggal 20 Agustus, ada Nunik Utami membahas Bisnis Fashion. Nunik adalah blogger aktif, trainer penulisan, penulis buku, pebisnis online yang digandeng Dan+Dan berbagi lewat talkshow di perayaan hari jadi kedua toko dengan tagline Fun Healthy Beauty ini. Sementara di hari terakhir pameran dalam rangka perayaan Ultah Dan+Dan, ada Donna Imelda membahas Travel Blogging. Kali ini giliran blogger yang hobi traveling berbagi ilmu menulis perjalanan dan bagaimana membangun branding travel blogger.
Menghadirkan blogger sebagai pembicara adalah langkah cerdas penyelenggara untuk mendatangkan massa. Pasalnya, blogger yang sangat akrab dengan medsos dan sangat menghargai arti berjejaring, punya pertemanan yang hangat dan akrab. Kalau ada seorang blogger "ditampilkan" teman-temannya akan saling mendukung. Mulai dukungan dari sharing di medsos hingga hadir ke lokasi acara tempat seorang blogger ini "tampil". Inilah yang saya cermati dari kehadiran dua blogger, Nunik Utami dan Donna Imelda, teman-teman baru saya yang ramah dan rendah hati dengan segudang pengalaman dan prestasi.
Tak ketinggalan, komunitas blogger perempuan di Kompasiana, atau kompasianer perempuan, yang tergabung dalam komunitas Ladiesiana, juga mendapat kesempatan memeriahkan ultah kedua Dan+Dan. Lagi-lagi, lewat medsos, dengan Live Tweet, Ladiesiana berbagi cerita lewat kicauan. Banyak yang diceritakan, mulai ilmu dari talkshow bersama Donna Imelda, berbagi tentang menulis dan travel blogger, hingga berbagi kemeriahan pameran dan berbagai hadiah juga lomba yang digelar. Fadlun Arifin dengan lebih dari 20 tweetnya berhasil memenangkan Live Tweet Competition ini. Alhasil, voucher belanja senilai Rp 100.000 pun berpindah tangan kepadanya.
Belum selesai sampai di situ, khusus Ladiesiana, Shopping Race menjadi tantangan seru berikutnya. Empat peserta dari Ladiesiana harus memecahkan teka teki dari panitia dengan mencari produk/barang di area belanja pameran. Ternyata cukup njelimet pertanyaannya, harus melek iklan terkini untuk bisa menjawabnya. Yang saya ingat, ada teka teki yang menyebutkan fungsi produk lalu menyebutkan, "Dewi Sandra sebagai bintang iklannya". Selain harus tahu nama brandnya, dengan petunjung Dewi Sandra sebagai ambassadornya, peserta Shopping Race juga harus paham produk kecantikan yang dimaksud berdasarkan fungsinya. Kalau tak biasa merawat tubuh, akan dibuat pusing juga karena produk kecantikan tersedia dengan berbagai kategori, kegunaan, penamaan yang serupa tapi tak sama. Bisa dibilang, games ini cukup menantang.
Dari empat peserta, hampir semuanya salah memilih produk, dan hanya satu yang berhasil menjawab teka teki itu pun banyak salahnya. Terpilihlah satu pemenang, Nurul Dwi Larasati yang berhak membawa pulang semua barang belanja yang ada dalam teka teki itu. Shopping Race pun berakhir.