Waspadai Jebakan Hit Keyword Kontes SEO Terhadap Strategi Pemasaran Produk
28 Mei 2011 08:54Diperbarui: 26 Juni 2015 05:071900
Waspadai Jebakan Hit Keyword Kontes SEO Terhadap Strategi Pemasaran ProdukTulisan ini bukan maksud saya untuk mendeskritkan kontes seo atau keyword kontes SEO, bukan pula untuk meremehkan kemampuan internet marketer dari perusahaan yang sedang melakukan strategi pemasaran melalui promosi online atau melalui kontes SEO, namun tulisan ini lebih berupa pemikiran pribadi dan mungkin kekhawatiran saya jika ada pihak-pihak yang kurang jeli melihat keyword kontes SEO yang memang memenuhi dunia Internet di Indonesia.Saya punya cerita, begini ceritanya; Ada perusahaan otomotif dan perusahaan produk makanan atau perusahaan webhosting (ex. produsen mobil Mercedes-Benz, produsen makan GarudaFood, atau perusahaan hosting Amikom, contoh ini hanya untuk memudahkan saja) yang mana mereka sedang giat meningkatkan pemasaran dan penjualan produk mereka, (mungkin untuk mengejar ketertinggalan dari kompetitornya). Seperti biasa manager dan staf bagian marketing perusahaan mereka yang mengelola pemasaran online memantau perkembangan permintaan mobil Mercedes-Benz, atau permintaan produk makanan GarudaFood, atau permintaan layanan hosting Amikom melalui situs mereka, termasuk memeriksa statistik situs mereka untuk mengetahui kira-kira trend permintaan produk mereka saat ini apa saja, lalu dia memeriksa juga trend kata kunci atau hit keyword yang berhubungan dengan produk mereka di internet itu apa saja. Semua itu tentu untuk memastikan langkah-langkah pemasaran mereka agar lebih efektif. Nah, menurut hasil pemantauan dan riset singkat mereka didapatkan hasil yang luar biasa, yaitu: - Kunjungan ke situs resmi mereka meningkat tajam- Trend keyword untuk produk mereka meningkat tajam (bahkan untuk hasil pencarian keyword yang mendekati produk mereka juga meningkat tajam)- Dan yang lebih hebat lagi, produk mereka bisa merajai hasil pencarian di internet untuk produk sejenis jauh mengalahkan kompetitor-kompetitor lainnya.
"Ini adalah kabar baik, ini akan jadi awal peningkatan pemasaran dan penjualan produk perusahaan kita"; kata manager pemasaran perusahaan tersebut yang didampingi staf bagian pemasaran online.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.