KOMENTAR

Surga Kecil di Kepulauan Maluku

10 November 2012   01:28 Diperbarui: 24 Juni 2015   21:41 272 2

Berbicara tentang kekayaan dan keindahan alam Indonesia tidak aka nada habisanya. Dari ujung Sabang sampai ujung Merauke kita bias menemukan berbagai macam keindahan alam Negara ini. Mulai dari keindahan laut, indahnya kehidupan bawah laut, “Ring of Fire”, salju abadi, dan masih banyak lainnya.

Kali ini saya kebetulan menginjakkan kaki saya di Kepulauan Maluku, tepatnya di pulau Maluku Barat Daya. Saya berada disini karena sedang melaksanakan tugas dinas dalam rangka pembangunan jaringan program pemerintah “e-KTP”. Sungguh beruntung bisa menginjakkan kaki di pulau ini, karena pesona alamnya yang luar biasa dan belum terjamah oleh pihak asing manapun.

Untuk menuju ke pulau ini tidaklah mudah, bila kita berangkat dari Jakarta maka harus menuju ke kota Ambon terlebih dahulu, kemudian dari Ambon dilanjutkan melalui perjalanan udara dengan pesawat “capung” kira – kira membutuhkan waktu 2 jam untuk tiba di lokasi. Ada juga perjalanan laut dengan biaya yang jauh lebih murah tetapi membutuhkan waktu lebih dari 10 jam.

Jangan berharap fasilitas lebih di pulau ini, kita tidak akan menemukan hotel berbintang seperti di kota besar. Penginapan di pulau ini hanya berbentuk seperti rumah warga biasa, tarifnya mulai dari 100-200 ribu/malam. Listrik di pulau ini juga hanya ada pada saat malam hari dari jam 7 sore sampai jam 6 pagi. Dari siang sampai sore di pulau ini listrik padam, kecuali bagi mereka yang menggunakan genset tersendiri.

Mata pencaharian penduduk di pulau ini adalah berkebun dan nelayan. Pulau ini tergolong gersang tetapi tanah di pulau ini amat sangat subur. Ada beberapa lokasi yang daratannya merupakan seperti batu tetapi di atasnya tumbuh pohon jeruk, dan buah jeruk tersebut sangat manis rasanya walaupun kulitnya berwarna hijau.

Kekayaan lain pulau ini adalah lautnya yang begitu mempesona. Pulau ini memiliki laut yang sangat indah, pulau ini dijadikan agenda tempat wisata bagi para turis dari Australia. Tetapi sayangnya pemerintah tidak menyediakan fasilitas lengkap untuk para wisatawan yang berkunjung kesini. Jika pemerintah membantu membangun fasilitas disini pasti pendapatan ekonomi rakyat di pulau ini jugaakan meningkat.

Ada beberapa gambar yang sempat saya abadikan ketika disana :