7 Maret 2021 17:15Diperbarui: 7 Maret 2021 17:32911
Saat ini, peran media massa sendiri sebagai penyebar informasi dan hiburan, sekaligus sebagai institusi pencipta dan pengendali pasar produk komoditas dalam suatu lingkungan masyarakat. Tepat bulan Februari tahun 2021, muncul salah satu aplikasi baru yang menjadi trending di media sosial bernama Clubhouse. Aplikasi yang dikembangkan oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davison dan mantan pegawai Google, Rohan Seth tersebut berbasis obrolan audio (audio chat), seperti bincang-bincang radio dalam konferensi (Putsanra, 2021). Aplikasi Clubhouse dapat dijadikan salah satu contoh proses produksi dan konsumsi dalam circuit of culture. Proses produksi pada Clubhouse tentu saja dilakukan melalui ruang percakapan seperti panggilan konferensi yang dapat didengarkan oleh pengguna Clubhouse dengan beberapa topik yang berbeda sesuai pembahasan pada masing-masing ruang percakapan. Ketika terdapat orang yang sedang berbicara melakukan obrolan dengan beberapa orang lainnya dapat disebut proses produksi karena pembahasan yang diangkat di Clubhouse seputar melakukan proses pembentukan makna kepada pendengar terhadap judul obrolan yang diangkat. Kemudian, proses konsumsi makna ketika orang-orang mendengarkan obrolan tersebut akan menerjemahkan makna dari masing-masing topik yang sedang diperbincangkan dan dalam hal ini pendengar dapat menjadi pendengar pasif dan aktif dikarenakan pada aplikasi Clubhouse pendengar dapat turut berpartisipasi, maupun menjadi pendengar saja.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.