Metode Ilmiah terkadang hanya diajarkan secara teori saja. Siswa hanya menghafal langkah – langkah atau tahap – tahap Metode Ilmiah, tanpa menemukan makna dan memahami penerapannya. Begitu pula materi “Pencemaran Lingkungan”, Juga sering diajarkan secara teori saja. Biasanya hasil dari pembelajaran tersebut belum banyak ada perubahan sikap dari siswa untuk peduli terhadap lingkungan.
Dalam kegiatan ini siswa dituntut untuk bisa menerapkan teori, yaitu melaksanakan penelitian sederhana. Pada awal pembelajaran, guru menjelaskan kepada siswa tentang prinsip – prinsip dan langkah – langkah metode ilmiah. Kemudian siswa dibagi ke dalam kelompok – kelompok kecil. Tiap kelompok melakukan penelitian sederhana dengan tema pencemaran lingkungan. Di Akhir kegiatan tersebut, siswa membuat laporan hasil penelitian, disertai kesimpulan dan saran.
Hasil yang telah dicapai dalam kegiatan ini antara lain, siswa menunjukkan minat dan antusias yang tinggi selama peoses pembelajaran, siswa menunjukkan kreativitas dan mampu berpikir kritis, analitis, dalam menentukan judul, merancang penelitian, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan, terjadi perubahan sikap dalam diri siswa, yaitu lebih peduli terhadap lingkungan.