Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

01.01.2-T2-7.Koneksi Antar Materi - Pendidikan dan Nilai Sosial Budaya

14 Maret 2024   04:16 Diperbarui: 14 Maret 2024   04:48 352 2
Kesimpulan dan Refleksi: Menggali Kearifan Ki Hadjar Dewantara untuk Pendidikan Indonesia yang Lebih Berdaya

Kesimpulan Mengenai Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Dalam menjalani modul ini, telah terungkap pemikiran-pemikiran mendalam dari seorang pionir pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Beliau tidak hanya mengajarkan tentang ilmu pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai kemanusiaan yang mendasar. Pemikiran-pemikirannya yang kental dengan semangat kebangsaan, kebebasan, dan keadilan menjadi pilar yang menopang sistem pendidikan Indonesia.

Salah satu konsep utama yang dipegang teguh oleh Ki Hadjar Dewantara adalah "Sistem Among", Sistem Among merupakan sistem pembelajaran yang proses pembelajaran yang merdeka bagi peserta didik. Karena dalam sistem Among Ki Hadjar Dewantara dipahami sebagai pemeliharaan dan perhatian untuk mendapat pertumbuhan anak lahir dan batin sesuai dengan kodrat.


Refleksi atas Perubahan Diri
Sebelum menjalani topik ini, saya mungkin memiliki pemahaman yang lebih terbatas tentang pendidikan, terfokus pada pengajaran materi dan kurikulum yang sudah ada. Namun, setelah mempelajari pemikiran Ki Hadjar Dewantara, saya menjadi lebih sadar akan pentingnya memahami dan menghormati keberagaman siswa serta memberi mereka kebebasan untuk belajar sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Saya juga merasa lebih terbuka terhadap konsep-konsep pendidikan yang lebih inklusif dan berorientasi pada nilai-nilai kemanusiaan. Hal ini membuat saya berpikir ulang tentang cara saya mendekati pembelajaran di kelas dan bagaimana saya dapat menciptakan lingkungan yang lebih mendukung bagi semua siswa.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun