Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah

17 November 2024   12:16 Diperbarui: 17 November 2024   12:18 62 2
Pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup beberapa keterampilan seperti menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Keterampilan-keterampilan ini perlu diberikan dan dilatih secara konsisten oleh pendidik di sekolah dan diperlukan juga peranan orangtua di rumah. Pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar adalah dasar untuk mendapatkan materi dan keterampilan dalam berbahasa yang baik dan benar.  Menurut Khair (2018: 89) pembelajaran bahasa Indonesia dapat disajikan dengan menggunakan pendekatan berbasis teks. Teks dapat berwujud teks tertulis maupun teks lisan. Dengan demikian belajar bahasa Indonesia tidak sekedar memakai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, tetapi perlu juga mengetahui makna atau bagaimana memilih kata yang tepat yang sesuai tatanan budaya dan masyarakat pemakainya. Tujuan pembelajaran bahasa adalah membimbing perkembangan bahasa peserta didik secara berkelanjutan melalui proses mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Pada akhirnya, tujuan itu adalah untuk membimbing peserta didik agar mampu menggunakan bahasa untuk belajar, mengekspresikan ide dengan lancar dan jelas, dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain (belajar menggunakan bahasa, belajar tentang bahasa, dan belajar melalui bahasa). Akan tetapi, pada pelaksanaan pembelajaran banyak sekali ditemukan beberapa kendala baik dari sisi guru maupun dari peserta didik. Guru yang kurang profesional dalam mengajar, misalnya menggunakan metode yang kurang sesuai dengan materi atau saat melaksanakan pembelajaran kurang variatif. Selain itu, kemampuan guru dalam penguasaan pengetahuan terhadap materi pelajaran yang diajarkan masih jauh dari yang diharapkan. Kemampuan guru yang rendah dapat menjadi faktor yang mempengaruhi proses dari hasil pembelajaran yang kurang optimal. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun