Judul Buku: Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi Â
Penulis: Prof. Dr. H. Sofyan Abdurrahman, M.A. Â
Penerbit: Remaja Rosdakarya Â
Tahun Terbit: 2016 Â
Jumlah Halaman: 320 halaman
Pendahuluan
Buku Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi karya Prof. Dr. H. Sofyan Abdurrahman, M.A. merupakan sumber yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi atau menyelesaikan tugas akhir. Skripsi sebagai salah satu bagian penting dalam pendidikan tinggi membutuhkan pemahaman mendalam tentang metodologi penelitian. Buku ini hadir untuk memberikan panduan yang jelas dan praktis mengenai bagaimana cara menyusun skripsi dengan baik, dari teori penelitian hingga teknik penulisan laporan yang terstruktur dengan baik.
Deskripsi Buku
Buku ini terbagi dalam beberapa bab yang secara rinci membahas berbagai aspek metodologi penelitian dan teknik penulisan skripsi. Penyusunan buku ini sangat sistematis, dimulai dari dasar-dasar penelitian hingga penerapan teknik penelitian dalam penulisan skripsi yang baik. Pembaca diajak untuk memahami dan menguasai proses penelitian secara menyeluruh, baik dalam aspek teoritis maupun praktis.
Bab 1: Pendahuluan tentang Penelitian
Di bab pertama, penulis memberikan pemahaman dasar tentang penelitian, termasuk tujuan, manfaat, dan jenis-jenis penelitian. Penulis menjelaskan dengan jelas apa yang dimaksud dengan penelitian, serta membedakan antara penelitian yang baik dan yang kurang berkualitas. Konsep dasar ini sangat penting sebagai landasan sebelum melangkah ke tahapan penelitian lebih lanjut.
Bab 2 hingga 4: Metode Penelitian
Bab-bab berikutnya membahas tentang berbagai metode penelitian yang umum digunakan, seperti penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian tindakan. Penulis menjelaskan langkah-langkah yang terlibat dalam masing-masing metode, mulai dari perencanaan, pengumpulan data, hingga analisis data. Penjelasan yang diberikan sangat mendalam dan disertai dengan contoh aplikasi nyata dari masing-masing metode, membuat buku ini sangat berguna bagi mahasiswa dalam memilih metode penelitian yang tepat untuk topik yang mereka teliti.