Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

K11: Penggunaan Model Panopticon Bentham untuk Pendisiplinan dan Hukuman

11 November 2022   01:54 Diperbarui: 11 November 2022   02:12 218 1
Nama Dosen: Apollo, Prof. Dr,M.Si.Ak
Nama: Valentina Tambun
Nim: 42321010001
Universitas Mercu Buana

Everyone is Watching Me. Metafora Penjara untuk Pendisiplinan Jeremy Bentham seperti pada desain banguan Penjara/Panopticon, bermakna atau mengadaikan Kejahatan bisa dikurangi melalui pengawasan dengan minimal tetapi efektivitas maksimal. Tiap orang merasa terawasi; seperti perana teknologi CCTV, atau kamera pengintai.

Panopticon adalah konsep disiplin yang diwujudkan dalam bentuk menara observasi pusat yang ditempatkan di dalam lingkaran sel penjara.

Diadvokasi oleh filsuf Inggris Jeremy Bentham. Itu adalah manifestasi dari keyakinannya bahwa kekuasaan harus terlihat, tidak dapat diverifikasi. Melalui pengawasan yang terlihat sangat konsisten ini, Bentham mempercayai bahwa semua kelompok didalam masyarakat dapat diubah. "Saya di sini". Contohnya reformasi moral, pemeliharaan atau penjagaan kesehatan dan revitalisasi industri, semuanya perlu dipantau.

Pikirkan terakhir kali kamu berada di tempat kerja dan atasan kamu masuk ke dalam ruangan. Apakah kamu akan siap menjalani dengan sesuai dan bekerja lebih keras di hadapan mereka? Sekarang bayangkan mereka selalu berada di dalam ruangan. Mereka tidak akan mengawasi kamu sepanjang waktu, tetapi kamu akan tahu bahwa mereka ada di sana. Ini adalah sesuatu yang memiliki  kekuatan pengawasan yang konsisten dan kekuatan panopticon.

Foucault pada panopticon

Filsuf Prancis Michel Foucault adalah seorang kritikus vokal Panopticon. Dia berpendapat bahwa tujuan akhir panopticon adalah untuk menempatkan penghuninya dalam keadaan visibilitas yang sadar. Memastikan fungsi catu daya otomatis. Baginya, penahanan ini adalah "kandang yang kejam dan licik".  

Foucault juga membandingkan pengamatan daerah ini dengan desa-desa abad pertengahan yang terisolasi. Untuk memberantas wabah, para pejabat harus mengkarantina semua orang secara ketat dan berpatroli di jalan-jalan untuk mencegah penduduk desa meninggalkan rumah mereka dan jatuh sakit. Jika seseorang penduduk desa ada yang tertangkap di luar, hukumannya adalah kematian.

Di desa Foucault, pengawasan terus-menerus atau ide pengawasan terus-menerus. Yang menciptakan regulasi bahkan juga didalam detail terkecil dari liku kehidupan sehari-hari.

Foucault menyebutnya sebagai "blokade disiplin". Hampir sama dengan penjara bawah tanah dimana setiap narapidana diasingkan, lalu mendapat pendidikan moral kedisiplinan yang diberikan bisa mutlak atau tetap dalam keputusan masalah hidup atau mati.

Di sisi lain, Bentham memperhatikan kekuatan panopticon sebagai "inovasi mode baru untuk dapat menguasai pikiran". Dengan membuang masalah ini di dalam blokade, disiplin menjadi alar pergerakan mental yang menyebar dengan sendirinya melalui visibilitas.

Panopticon hari ini:
Hari ini mungkin untuk mengidentifikasi efek panopticon dalam teknologi baru, daripada di diam di dalam menara penjara. Filsuf dan psikolog Shoshanna Zuboff memperhatikan apa yang dia sebut dengan "kapitalisme pengawasan". Sementara Foucault berpendapat bahwa metode pengawasan panoptik yang "cerdas" dapat digunakan untuk metode pendisiplinan, Zuboff menyarankan bahwa metode itu juga dapat digunakan untuk pemasaran.
Kekhawatiran atas pemantauan seperti ini berawal dari kemunculan komputer pribadi di akhir tahun 80-an. Zuboff mengutarakan peran PC sebagai "panopticon informasi" yang dapat memperhatikan jumlah pekerjaan yang diselesaikan oleh seorang individu.

Hari ini tampaknya lebih dapat diterapkan. Pengusaha dapat menerima program secara diam-diam dan melacak penekanan tombol staf yang bekerja dari rumah istilah sekarangnya adalah Work from home (WFH) untuk memastikan mereka benar-benar meluangkan waktu untuk melakukan pekerjaan mereka. Orang tua bisa mendapatkan perangkat lunak untuk memantau penggunaan ponsel anak-anak mereka. Pemerintah di seluruh dunia mengesahkan undang-undang sehingga mereka dapat mengumpulkan data internet tentang orang-orang yang dicurigai merencanakan serangan teror. Bahkan kartu angkutan umum dapat digunakan untuk memantau pergerakan fisik warga.

Pemantauan dan pengumpulan data semacam ini sangat analog dengan panopticon karena merupakan jalur informasi satu arah. Saat Anda duduk di depan komputer, menjelajahi web, menggulir umpan berita ke bawah dan menonton video, informasi sedang dikompilasi dan dikirim ke ISP Anda.

Dalam skenario ini, komputer adalah menara panopticon Bentham, dan Anda adalah subjek dari mana informasi diekstraksi. Di ujung lain telepon, tidak ada yang dikomunikasikan, tidak ada informasi yang dibocorkan. Perilaku dan tindakan online Anda selalu dapat dilihat tetapi Anda tidak pernah melihat pengamat.

Uni Eropa telah menanggapi hal ini dengan peraturan baru, yang dikenal sebagai "hak atas penjelasan". Ini menyatakan pengguna berhak untuk meminta penjelasan tentang bagaimana algoritma membuat keputusan. Dengan cara ini, mereka dapat menentang keputusan yang dibuat atau membuat pilihan yang tepat untuk memilih keluar.

Dengan cara baru ini, panopticon Bentham terus beroperasi dan memengaruhi masyarakat kita. Kurangnya transparansi dan komunikasi satu arah sering membingungkan, terutama jika dipikirkan melalui lensa kontrol.
Kemudian lagi, Anda mungkin juga berdebat untuk memastikan suatu masyarakat berfungsi, berguna untuk memantau dan memengaruhi orang untuk melakukan apa yang dianggap baik dan benar.

Contoh:
"Apakah boleh memantau ponsel anak-anak Anda?"

Komentator 1:
Anak-anak tidak boleh memiliki ponsel. Ketika saya tumbuh dewasa, telepon seperti mobil. Itu adalah sesuatu yang hanya bisa dibeli oleh orang dewasa & hanya mereka yang diizinkan untuk menggunakannya. Jika saya menggunakan telepon itu di bawah pengawasan. Ponsel bukan mainan, bukan perangkat hiburan. Mereka melacak chip, dan cara sempurna bagi orang lain untuk mendapatkan akses & memengaruhi anak-anak Anda (bukan hanya predator. pengiklan, pengganggu, apa saja. Melihat ke telepon terus-menerus membuat mereka gila, antisosial dan depresi. Cahaya biru menghentikan mereka untuk tidur nyenyak di malam hari. Radiasi tingkat rendah menyebabkan masalah kesehatan hingga dan termasuk kanker dan kemandulan. Anak-anak saya dapat memiliki telepon ketika mereka bekerja untuk mendapatkan uang mereka sendiri dan mampu membeli & mengisi ulang perangkat mereka sendiri. Jika Anda berpikir itu naif atau kejam, maka Anda melepaskan tanggung jawab Anda sebagai orang tua & mengajar anak-anak Anda untuk menyerah pada tekanan teman sebaya.

Komentator 2:
Saya pikir apa yang Anda katakan benar sampai batas tertentu di awal meskipun itu sedikit cara lama untuk melihatnya. (walaupun ponsel tidak benar-benar seperti mobil, pertama-tama banyak anak (orang di bawah usia 18 tahun) benar-benar memilikinya, dan perbedaan utamanya adalah mobil dapat membunuh orang sementara ponsel hampir tidak berbahaya. Saya juga menyesal Anda memilikinya rumah tangga pengendali yang monoton percakapan Anda dengan orang lain.) Namun kemudian saya membaca bagian kesehatan Anda yang pada kenyataannya hanya benar-benar berpengaruh jika dalam waktu singkat tidur (yang Anda dapat mencegah anak Anda menggunakannya kemudian ) (Sejujurnya pengaruh ini cukup kecil dan sebagai seseorang yang telah mengalaminya sendiri serta mendiskusikannya dengan banyak orang lain, saya telah menemukan bahwa kebanyakan orang bahkan tidak merasa sedikit jika ada perbedaan dari cahaya (selain itu ada mode shift malam untuk membatasi ini)). Meskipun setelah cahaya yang dilebih-lebihkan ini, muncullah pembesar-besaran terbesar dari keseluruhan bagian kanker dan kemandulan. Ponsel pertama memang mengeluarkan radiasi elektromagnetik dalam kisaran yang sama dengan gelombang mikro. Sementara beberapa orang percaya bahwa gelombang intensitas rendah seperti itu menginduksi mutasi DNA, tidak ada bukti yang konsisten bahwa ponsel menyebabkan kanker. Kedua sementara memiliki ponsel dalam jarak 5 cm dari testis terus-menerus selama berjam-jam pada suatu waktu dapat mengakibatkan sedikit kerugian dalam jumlah sperma, motilitas, viabilitas dan morfologi itu tidak cukup untuk membuat perbedaan penting dan tidak dapat benar-benar menyebabkan salinitas penuh (tambahan ini pengaruhnya menjadi semakin nol saat ponsel baru keluar). Selanjutnya saya alasan utama anak-anak menginginkan ponsel bukan tekanan buah pir, itu adalah kemampuan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan teman-teman di sana (yang sebenarnya merupakan hal yang sehat terutama selama masa pandemi ini). Terakhir hal yang mendorong saya untuk menulis balasan ini, pernyataan penutup Anda. Anda tidak boleh mengklaim bahwa orang lain adalah orang tua yang buruk karena mereka tidak setuju dengan pendapat Anda setiap orang memiliki hak untuk membesarkan anak-anak mereka sesuai keinginan Anda bisa lebih baik, atau bisa lebih buruk siapa tahu, jangan menghakimi orang karena mereka mungkin memiliki nilai yang berbeda dari Anda.

Kesimpulannya:  

Berbicara tentang pembentukan masyarakat akademik dalam gerakan dari akademisi tertutup menjadi "panoptikon" yang dapat diperluas tanpa batas. Pembentukan masyarakat yang disiplin berkaitan dengan beberapa proses sejarah:  Disiplin adalah teknik untuk mengamankan ketertiban umum, taktik kekuasaan yang beroperasi secara ekonomis dan tidak terlihat. Taktik ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan kegunaan semua elemen sistem. Ini sesuai dengan peningkatan populasi dan peningkatan jumlah yang harus diperhatikan. Perkembangan ekonomi kapitalis berarti bahwa teknologi ini dapat dioperasikan dalam rezim yang berbeda.
Kedua, modalitas panoptik kekuasaan tidak independen. Disiplin dan Panopticon adalah kebalikan dari proses yang menjamin hak. Pencerahan yang menemukan kebebasan juga menemukan disiplin. Ketiga, apa yang baru di abad ke-18 adalah perpaduan teknik yang disiplin. Hal ini terjadi dengan perkembangan teknologi lainnya. Ada pengawasan di abad kedelapan belas, sama seperti Abad Pertengahan menemukan pengawasan yudisial. Banyak teknologi forensik modern mengungkapkan intrusi penyelidikan ke dalam Inkuisisi.

Teori disiplin yang diamati dan dianalisis setiap orang diwujudkan dalam sebuah bangunan yang memudahkan pelaksanaan operasi ini. Panopticon lahir dari kebutuhan akan pengawasan. Hal ini terlihat selama wabah. Cara melarikan diri diperlukan untuk melindungi populasi.  panopticon memungkinkan manajemen daya yang efisien. Ini adalah struktur permanen yang fungsional. Transisi dari satu ke yang lain adalah langkah menuju masyarakat di mana disiplin didasarkan pada pengamatan dan penyelidikan. Masyarakat yang disiplin tidak perlu bersatu dengan Panopticon dalam segala hal.  masyarakat di mana negara mengendalikan cara-cara paksaan tersebut dan mengoperasikannya secara keseluruhan. Pengembangan masyarakat yang disiplin memasukkan faktor sosial ekonomi, terutama pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi.

Daftar Pustaka

https://www.sparknotes.com/philosophy/disciplinepunish/section7/page/2/

https://ethics.org.au/ethics-explainer-panopticon-what-is-the-panopticon-effect/

https://www.brown.edu/Departments/Joukowsky_Institute/courses/13things/7121.html

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun