Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Evaluasi Pembelajaran Tingkat Pendidikan Dasar

21 Juli 2024   14:15 Diperbarui: 21 Juli 2024   14:19 23 1
Evaluasi pembelajaran di tingkat pendidikan dasar merupakan suatu proses pengumpulan data secara berkelanjutan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan atau keberhasilan pembelajaran peserta didik di tingkat SD/MI dengan penilaian kegiatan kelompok maupun individu. Tentunya pendidik diharuskan memahami konsep evaluasi pembelajaran dan pentingnya pembelajaran sehingga evaluasi dilakukan untuk menginspirasi, memotivasi, memacu semangat, dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran. Dalam evaluasi pembelajaran di tingkat pendidikan dasar juga terdapat perbedaan antara Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) meskipun menggunakan kurikulum yang sama yang terletak pada focus bidang agama. Perbedaannya yaitu di tingkat Sekolah Dasar (SD) focus agama hanya terletak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, tetapi di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) focus agama terbagi beberapa mata pelajaran seperti Aqidah Akhlak, Al-Qur’an Hadist, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Selain itu, perbedaan-perbedaan ini menunjukkan fokus dan pendekatan yang berbeda antara SD yang umum dan MI yang berorientasi agama Islam. Pemberian evaluasi pembelajaran tingkat MI sebagai salah satu contoh adalah UAM (Ujian Akhir Madrasah/Ma’arif) dimana test yang diberikan berupa tes tulis dengan soal yang dibuat dari kumpulan soal-soal yang dikerjakan serentak oleh pendidik dibawah naungan bersama. Hal ini sudah dilaksanakan oleh penulis sebagai salah satu pendidik dalam sebuah lembaga dibawah naungan Kementrian Agama.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun