Pada saat melakukan pembelajaran di kelas, pendidik membawa konsekuensi untuk meningkatkan peranan sebagai pendidik serta konsekuensinya. Sebab pendidik yang kompeten akan lebih mampu atau mumpuni dalam mengola kelas dan melaksanakan evaluasi dalam peserta didiknya baik itu secara individu atau kelompok dalam kelas. Evaluasi sendiri merupakan usaha untuk menggali informasi seputar tentang perkembangan belajar pada peserta didik secara menyeluruh baik itu pengetahuan, sikap, nilai, maupun keterampilan dalam berproses. Dengan ini dapat digunakan oleh pendidik sebagai putusan yang sangat diperlukan dalam strategi belajar apa yang akan digunakan untuk pembelajaran selanjutnya. Pembelajaran sendiri merupakan proses interaksi antara pendidik dan peserta didik di dalam lingkungan belajar. Dengan hal ini penulis menyatakan bahwa melakukan evaluasi pembelajaran merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua pendidik (Nusung Nuriyah, 2014: 73) Â . Seperti halnya dengan RA Mas'adah yang beralamatkan di Jl. Sidodadi III/3 kelurahan sidodadi kecamatan Simokerto, RA ini melakukan pembelajaran melalui dalam jaringan atau yang lebih dikenal dengan (daring).Jika dalam keadaan tatap muka biasanya pembelajaran yang dilakukan RA ini 1 minggu 3X dengan menggunakan baju bebas, atau tidak menggunakan seragam sekolah. Meskipun menggunakan baju bebas tetapi pendidik disana menyuruhnya menggunakan pakaian yang sopan. Dengan ini tujuan penulis menulis reportase adalah untuk para pembaca dari semua khalayak dapat membaca dan memahami apa yang telah penulis sampaikan dalam tulisan ini.
KEMBALI KE ARTIKEL