Sistem informasi berperan penting di dalam keberhasilan persaingan organisasi dengan strategi yang mereka gunakan untuk bersaing. Strategi persaingan bisnis berbasis teknologi informasi harus memiliki keselarasan dengan bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan. Dalam menjalankan penyelarasan tersebut, perusahaan harus melakukan petimbangan arah strategi bisnis yang jelas seperti perlu adanya komunikasi, komitmen dan integrasi masing-masing dari perusahaan tersebut. Penyelarasan strategi bisnis ini digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, meningkatkan hubungan dengan suplier/pemasok, menciptakan hambatan untuk pendatang baru, dan untuk menciptakan produk dan solusi bisnis. Dalam hal ini perusahaan menggunakan fungsi back office (orang yang bertugas mengurusi laporan-laporan maupun masalah administrasi dan tidak secara langsung melayani konsumen) sebagai tulang punggung untuk pengolahan data dan akuntansi, dan perusahaan juga menggunakan jalur front-line (orang yang langsung berhadapan atau berhubungan dengan konsumen) agar dapat menyelaraskan antara strategi persaingan bisnis dan bisnis yang akan dijalankannya tersebut.
KEMBALI KE ARTIKEL