ADA MATERIALISME ILMIAH MENUNGGANGI NEUROSAINS?
Kalau materialisme ilmiah menunggangi sains itu sudah bukan rahasia umum-kedok dan prakteknya sudah umum ketahui.Nah bagaimana materialisme ilmiah beroperasi juga di wilayah neurosains maka kita mesti analisa kasus per kasus
Seperti contoh kasus "penghilangan hati" sebagai instrument yang ada dalam diri manusia lalu materialisme ilmiah menyandarkan semua penjelasan manusia-termasuk soal hati hanya pada otak seolah semua "hanya produk otak".Padahal teori mereka berlawanan dengan PENGALAMAN KITA SENDIRI dan validasi berdasar KESADARAN DIRI
Mana yang lebih kuat antara sebuah teori-dengan beragam penjelasan teoritisnya, dengan pengalaman pribadi? Mari kita uji dalam kenyatan
.........................
ANALISA HATI BERDASAR PENGALAMAN
Untuk urusan merasa yang namanya hati memang sangat peka.Coba bayangkan bahkan saat saya memakai 2 merk oli yang berbeda untuk satu motor yang sama maka saya bisa merasakan perbedaannya,merk A terasa kehalusannya sedang merk B yang lebih terasa kekentalannya.
Demikian pula ketika bertemu dengan berbagai orang yang berbeda atau berhadapan dengan berbagai suasana yang berbeda maka kita dapat menangkap dan merasakan sensasi- perasaan hati yang berbeda beda
Demikian pula misal saat kita merasa sedih,hampa,pilu,kecewa,marah,sukacita,
bahagia,semua kita rasakan di wilayah bagian hati-dada dan umumnya dibahasakan umum sebagai "perasaan hati"
Bukan otak yang merasakannya.Sedang informasi tentang apapun yang saya rasakan di wilayah hati itu dalam penangkapan berdasar pengalaman memang ada di bagian otak.Misal saat saya berduka cita maka hati yang merasakan tapi informasi perihal apa yang membuat hati merasakan duka itu ada di otak
Jadi bisa disebut hati adalah pusat dari merasa sedang otak adalah pusat organisasi informasi yang terstruktur perihal semua apapun yang kita alami.Tapi niat- hasrat-kehendak- keinginan kita itu tidak secara langsung dikendali atau dipicu secara otomatis  oleh informasi yang terkumpul di otak karena dalam diri manusia ada unsur unsur jiwa yang mengolah semua informasi yang ada di otak tersebut (3 unsur jiwa ; nurani-akal-nafsu,seperti pernah saya jelaskan di artikel terdahulu)
Apakah pernyataan saya soal perasaan hati ini adalah hasil pemeriksaan laboratorium? Atau pernyataan dokter? Atau hasil observasi neurosains? Atau hasil penyelidikan sains? Atau berdasar teori psikologi?
Bukan,Tapi hasil pengalaman berdasar  KESADARAN DIRI.Karena soal apa pun yang kita pikirkan serta apa pun yang kita rasakan serta apapun yang kita alami dalam kehidupan maka tidak ada yang lebih mengetahui kecuali diri sendiri
Maka saya sering menyebut bahwa metode kesadaran diri adalah cara yang paling tepat untuk melahirkan simpulan paling valid dalam urusan mengetahui apapun yang terjadi dalam diri kita sebagai manusia.Sains,neurosains,ilmu psikologi,teori teori psikologi semua hanya bisa meneropong dari luar dan tidak akan lebih tahu ketbang diri kita sendiri
Demikian pula dalam urusan perasaan hati maka yang dapat menangkap dan merasakannya adalah kesadaran kita sendiri
Sekarang bayangkan kalau ada  materialist dengan mengatas namakan neurosains menyebut hati dengan beragam perasaannya itu "tidak ada" dan yang ada hanya otak(??) .. Lalu mereka menyebut yang ada itu organ hati fisik yang salah satu fungsi biologisnya membantu proses metabolisme tubuh serta menghasilkan cairan empedu yang membantu proses pencernaan.
Neurosains memang ilmu yang mengutak atik system saraf dan semua penjelasan tentang kejiwaan bila memakai kacamata neurosains maka itu akan disandarkan pada penjelasan tentang fungsi neuron sebagai bagian dari system saraf.Tapi itu kan teoritis sifatnya atau penjelasan teoritis sedang yang kita alami dengan perasaan hati kita adalah pengalaman nyata yang dapat kita saksikan kebenarannya
Maka bila saya menjelaskan perasaan perasaan saya,pergumulan pikiran yang terjadi dalam jiwa saya itu artinya saya bukan sedang berteori memakai teori psikologi atau teori neurosains tapi sedang menjelaskan kenyataan yang saya alami berdasar kesadaran diri
Apakah dengan mengamati satu demi satu bagian dari saraf kita neurosaintis bakal bisa mengetahui apapun yang kita rasakan?
Apakah saat merasakan perasaan tertentu semisal perasaan sedih atau gembira maka neurosaintis dapat menangkapnya secara langsung secara empiris dengan cara mengamati secara fisik neuron kita dengan alat?
Atau,Apakah neurosaintis dengan alat teknologi canggih yang bisa memindai secara fisik citra neuron terhalus bisa mengetahui pergumulan apa yang sedang terjadi dalam jiwa kita?
Tidak,Maka penjelasan neurosains soal perasaan hati atau pergumulan pikiran dalam jiwa kita sebut "penjelasan teoritis" - bukan berdasar pengalaman langsung berdasar kesadaran diri seperti kita sendiri yang mengalaminya
Jadi intinya,sebagai ilmu tentang system saraf boleh di apresiasi tapi jangan juga langsung percaya 100 persen apapun yang mengatas namakan neurosains karena bisa jadi dibelakangnya ditunggangi oleh cara pandang atau filosofi materialisme ilmiah !
Karena sebagaimana mereka sering mengekpresikan cara pandang materialisme nya dengan mengatas namakan sains maka demikian pula ketika hadir neurosains maka merekapun akan ikut masuk kedalamnya dan ikut "mengendalikannya" misal dengan cara membuat narasi narasi ilmiah berdasar cara pandang materialisme ilmiah dengan mengatas namakan neurosains
Maka di publik sering lahir narasi narasi yang seolah sains atau neurosains tapi sebenarnya adalah ekpressi cara pandang materialisme ilmiah
Contoh ketika ada yang menyatakan ; "sains tidak akan mengobservasi yang tidak ada",itu sebenarnya lebih merupakan narasi materialisme ilmiah bukan narasi sains.Pernyataan itu sering digunakan di ruang debat untuk memukul kaum beragama.Pernyataan asli sains adalah "sains tidak akan mengobservasi yang diluar kemampuannya"
Demikian pula ketika ada pernyataan yang mengatas namakan neurosains seolah "otonomi jiwa itu tidak ada" atau "dualisme jiwa-raga itu ilusi" maka jangan terkecoh karena itu lebih merupakan pernyataan materialisme ilmiah ketimbang pernyataan resmi neurosains
Karena neurosains bila dibatasi sebagai bidang kajian perihal system saraf apakah bisa sampai sejauh itu operasionalnya hingga misal bisa menentukan bahwa otonomi jiwa itu tidak ada atau dualisme jiwa-raga hanya ilusi dan semua fenomena manusia hanya produk system sarafnya??