Mengantar anak menemukan kepingan ilmunya sendiri, menjadi tulisan saya di kompasiana hari senin 6 Januari 2025 Mengatur anak untuk menemukan kepingan ilmunya sendiri adalah upaya yang melibatkan pemberian ruang, bimbingan, dan kebebasan kepada anak untuk mengeksplorasi dan memahami dunia di sekitarnya. Proses ini dimulai dengan menciptakan lingkungan yang mendukung rasa ingin tahu, seperti menyediakan buku, alat peraga, atau pengalaman langsung yang relevan dengan minat mereka. Orang tua dan pendidik dapat bertindak sebagai fasilitator dengan memberikan pertanyaan terbuka, tantangan, atau aktivitas yang merangsang anak untuk berpikir kritis dan mencari solusi secara mandiri. Penting juga untuk menghargai setiap proses belajar, sekecil apa pun itu, dan memberikan umpan balik yang membangun. Dengan cara ini, anak akan merasa dihargai atas usahanya, mengembangkan rasa percaya diri, dan mampu menghubungkan setiap kepingan ilmu yang ditemukan menjadi pemahaman yang utuh sesuai dengan perkembangan mereka. Mengantarkan anak untuk menemukan ilmunya sendiri adalah proses mendukung anak agar menjadi pembelajar yang mandiri dan aktif. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:
KEMBALI KE ARTIKEL