Kondisi yang menjadi latar belakang masalah rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran biologi sebagai berikut:
- Penggunaan buku ajar yang belum tepat.
- Rendahnya minat dan kemampuan membaca peserta didik.
- Miskonsepsi yang dimiliki peserta didik pada materi biologi
- Miskonsepsi guru terhadap pembelajaran berbasis literasi yang menganggap asal menyajikan satu bacaan yang memuat materi sudah mengembangkan literasi padahal bacaan literasi yang baik adalah bacaan yang merangsang berkembangnya kemampuan pemecahan masalah menggunakan metode ilmiah.
- Pembelajaran yang tidak kontekstual misalnya pengambilan contoh masalah yang diajukan dalam pembelajaran kurang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik sehingga peserta didik kurang tertarik atau kurang termotivasi dalam belajar.
- Lingkungan dan iklim belajar yang kurang mendukung pengembangan kemampuan literasi sains peserta didik.
- Daya dukung infrastruktur sekolah masih kurang dalam upaya untuk mengembangkan kemampuan literasi peserta didik misalnya masih terbatasnya jumlah sumber bacaan di perpustakaan, tidak tersedianya jaringan wifi internet yang memadai untuk mengakses internet.
KEMBALI KE ARTIKEL