Belajar dapat didefinisikan sebagai perilaku yang dimodifikasi melalui latihan atau pengalaman, dengan kata lain perubahan perilaku yang terjadi dalam proses pembelajaran (Azzahra & Amalia, 2022). Matematika merupakan suatu ilmu universal yang berperan penting dalam mendasari perkembangan teknologi modern dan disiplin ilmu lain (Mulyono & Lestari, 2016). Matematika merupakan ilmu yang perlu diajarkan kepada siswa dengan alasan matematika selalu digunakan dalam segi kehidupan, semua membutuhkan keterampilan matematika dan matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis, menata kemampuan berpikir, bernalar, memecahkan masalah, berkomunikasi, mengaitkan materi matematika dengan keadaan sesungguhnya, serta mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi (Nugraha dkk, 2019; Harahap & Syarifah, 2015). Namun sifatnya yang abstrak dan banyaknya rumus yang digunakan menjadikan matematika ini sebagai ilmu yang terkesan sulit dan membosankan (Pratama dkk, 2019). Tidak heran apabila banyak siswa yang kesulitan dalam belajar matematika. Pada kenyataannya apabila siswa mengalami kesulitan belajar maka akan berdampak pada rendahnya motivasi dan semangat belajar yang berdampak pada penurunan prestasi siswa (Nugraha dkk, 2019). Hal tersebut tentu saja menjadi PR bagi para guru atau tenaga pendidik untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar siswa.
KEMBALI KE ARTIKEL