Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Medianya Apa?

12 Juni 2013   07:14 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:10 42 0
BAGIAN penting dari Planning and Strategy selain perumusan masalah dan strategi penulisan seperti sudah dibicarakan sebelumnya adalah pemilihan media untuk mempublikasikan tulisan. Media cetak kah? Media elektronik kah? Media apakah?

Pekerjaan ini memang tidak mudah. Tapi tidak berarti mustahil dilakukan. Sebagai panduan, mungkin, bisa digunakan metode yang disarankan oleh Doug Newsom, Judy VanSlyke Turk, dan Dean Kruckeberg —para pendidik dan praktisi PR– dengan cara mengajukan dan menjawab pertanyaan berikut:

- Siapakah audiens yang dibidik?
- Bagaimana pola konsumsi media dan kredibilitas media yang mereka baca?
- Kapan Anda ingin berkomunikasi atau menjangkau mereka?
- Berapa biaya yang Anda perlukan? Berapa dana yang Anda punya?

Berdasarkan tiga pertanyaan di atas, selanjutnya Anda harus mangajukan dan menjawab pertanyaan berikut:

- Media mana yang paling banyak dikonsumsi dan mampu menjangkau publik sasaran Anda?
- Media apa saja yang paling kredibel dan berapa dana yang dibutuhkan untuk memanfaatkan media dimaksud?
- Media mana paling efektif untuk menyampaikan pesan Anda?
- Apakah Anda cukup menggunakan satu, atau beberapa media?

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun