Tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM akan terus terjadi seiring dengan berkembangnya zaman, dengan media teknologi yang semakin berkembang maka para UMKM diwajibkan agar peka terhadap teknologi dan informasi yang berkembang.
Era Pasar Bebas ASEAN telah berlangsung sejak tahun 2015, hal inilah yang merupakan salah satu alasan bagi pelaku UMKM untuk semakin berinovasi dalam memajukan usaha mereka. Kecanggihan teknologi menjadi salah satu peluang bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha di tengah persaingan tak terlihat yang ada di dunia digital. Selain itu, adanya era 4.0 menyebabkan hadirnya bentuk promosi baru yaitu dengan digital marketing. Tren digital marketing dapat dijadikan kesempatan bagi UMKM untuk menyambut adanya era industri 4.0. Saat ini masyarakat banyak meminati digital marketing untuk mendukung berbagai kegiatan salah satunya untuk media pemasaran
Digital marketing adalah suatu alat untuk mempromosikan produk mereka yang memanfaatkan media internet (Susanto et al., 2020). Platform yang sering digunakan dalam digital marketing adalah media sosial atau jejaring sosial. Jejaring sosial yang tersedia terkadang memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang sifatnya untuk pertemanan seperti Facebook, Path, Instagram, dan Twitter, ada pula yang khusus untuk mencari dan membangun relasi seperti yang ditawarkan Linkedin. Selain itu tersedia pula media yang lebih pribadi seperti electronic mail (e-mail) dan pesan teks. Search engine seperti Google dan Yahoo pun dan diberdayakan.
Salah satu keuntungan menggunakan Digitial Marketing adalah untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa. Dari sisi peningkatan keuntungan operasional, pemasaran online sangat menjanjikan dari segi finansial. Pemerintah Indonesia berupaya memerangi pengangguran dan kemiskinan dengan memberdayakan dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Sejalan dengan hal tersebut penelitian oleh (Pradiani, 2018) menyatakan bahwa digital marketing mampu menaikan volume penjualan secara signifikan dari pendapatan perbulan, karena hal tersebut maka digital marketing dipandang sebagai alat yang paling baik, efektif, dan efisien untuk dimanfaatkan sebagai media promosi.