Pemanfaatan Bahan Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini
23 Januari 2023 10:41Diperbarui: 23 Januari 2023 11:015910
Kegiatan pendidikan adalah serangkaian proses pendidikan yang dilakukan secara terencana untuk mencapai hasil belajar. Dasar pendidikan merupakan suatu asas untuk mengembangkan pendidikan dan pembinaan kepribadian dan sadar akan tujuan.Â
Oleh karena itu tujuan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kegiatan pendidikan. Maka tujuan dari pendidikan tidak hanya memberikan arahan kemana pendidikan harus ditujukan, tetapi juga memberikan ketentuan yang pasti dalam memilih materi, metode, alat, evaluasi dalam kegiatan yang dilakukan.Â
Secara umum tujuan pendidikan dapat dikatakan untuk membawa anak kearah tingkat dewasa. Artinya, membawa anak didik agar dapat mandiri dalam hidupnya ditengah-tengah masyarakat.Â
Oleh karena itu, perananan pendidik dalam hal ini sangatlah penting. Pendidik adalah individu yang mampu melaksanakan tindakan mendidik dalam satu situasi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada pembentukan dasar arah pertumbuhan dan perkembangan. Pendidikan anak usia dini memiliki peranan yang penting dalam membentuk karakter anak yang bermoral/berahlak mulia, kreatif, inovatif dan kompetitif.Â
Pendidikan anak usia dini bukan sekedar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan bidang keilmuan, tetapi lebih dalam adalah mempersiapkan anak agar kelak mampu menguasai berbagai tantangan dimasa depan. Tujuan dari pendidikan anak usia dini adalah mengembangkan potensi anak sejak usia dini sebagai persiapan untuk kelangsungan hidup dan dapat menyesuaikan diri  dengan lingkungannya.
Masa usia TK salah satunya dikenal sebagai masa bermain. Hampir semua waktunya digunakan untuk bermain. Bermain dan kreativitas saling berkaitan karena baik bermain maupun kreativitas mengandalkan simbol-simbol. Setiap anak adalah individu yang unik dengan pola dan waktu pertumbuhan masing-masing.Â
Oleh karenanya pendidik dapat memfasilitasinya melalui kegiatan yang memberikan kesempatan mengenal dan mengidentifikasi benda-benda yang ada dilingkungan sekitarnya dengan sebaik-baiknya.Pengembangan kreativitas sejak usia dini dapat terwujud dimana saja dan oleh siapa saja.Â
Sesungguhnya bakat kreativitas dimiliki oleh semua orang dan ditinjau dari segi pendidikan bahwa dengan upaya dan kerjasama yang baik antara masyarakat dan orang tua, maka bakat kreativitas yang dimiliki anak dapat digali dan dikembangkan sejak usia dini sehingga menghasilkan suatu potensi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan berfikir anak usia dini dan masa depannya. Tetapi jika bakat kreativitasnya anak tidak dipupuk, bakat tersebut tidak akan berkembang, bahkan bisa menjadi bakat terpendam yang tidak dapat diwujudkan.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Akun Terverifikasi
Diberikan kepada Kompasianer aktif dan konsisten dalam membuat konten dan berinteraksi secara positif.