Ekonomi Meningkat, Mahasiswa Kenalkan E-Commerce Pada UMKM di Desa Cermo
3 Februari 2021 21:59Diperbarui: 3 Februari 2021 22:501710
Kare, Madiun- Di era Teknologi yang semakin meningkat ini, penggunaan teknologi untuk pemasaran produk menjadi hal yang sangat penting. Kemudahan yang diberikan serta luasnya sasaran yang akan dicapai menjadikan pemasaran menggunakan teknologi di senangi oleh banyak orang terutama pedagang.
Peningkatan platform berjualan online atau  e-commerce dari tahun ke tahun menjadikan pedagang offline berusaha memutar otak agar jualan mereka tetap laku. Kehadiran e-commerce kini dianggap sebagai bantuan bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), dengan adanya platform tersebut pelaku UMKM dapat memasarkan barangnya lebih luas lagi, bahkan ke pasar internasional. Hal ini dapat disimpulkan bahwa e-commerce menjadi factor utama kebangkitan UMKM sekaligus pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.
Salah satu platform yang kini sedang naik daun yaitu Shopee, yang sudah berdiri selama 4 tahun di Indonesia dan telah memberikan dampak positif melalui program inovatifnya. Bahkan saat ini, shopee menjadi salah satu factor pendukung industry ekonomi digital di Indonesia.
Di Desa Cermo sendiri pelaku UMKM sudah sangat banyak dan bisa dibilang sudah sangat maju, tetapi rata rata dari mereka memiliki keterbatasan dalam hal pemasaran. Seperti salah satu pengrajin Tas Anyaman yang mengaku bahwa produknya masih belum dikenal banyak orang, serta pembelinya pun hanya dari kalangan tetangga sekitar lingkungannya saja.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.