Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Rekontruksi Rasa Cinta Tanah Air Generasi Muda dalam Perspektif Sengketa Wilayah Natuna

27 Mei 2024   02:10 Diperbarui: 27 Mei 2024   07:52 122 1
Semester Genap hampir berakhir, namun saya mendapatkan kejutan berharga dari siswa, ketika saya menanyakan pertanyaan pemantik "Apa arti kedaulatan bagi NKRI?". Seluruh kelas yang awalnya antusias tiba-tiba hening dan saling menatap satu sama lain. Kemudian saya ulangi pertanyaan yang sama dan ada satu siswa yang mengangkat tangan dan berkata, "Bu, kedaulatan itu apa?". Saya masih berpikir positif oh mungkin karena kemarin sempat mengalami belajar di rumah sehingga kosa kata siswa saya masih terbatas. Kemudian saya memaparkan beberapa contoh kasus sengketa wilayah perbatasan Indonesia  baik dari sengketa kepulauan Sebatik, Sipadan Ligitan, Ambalat dan tentu saja Natuna. Ada hal yang menarik ketika salah satu siswi bertanya, "Bu, Pulau Natuna itu memang ada ya?". Sebagai guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini menjadi cambukkan kuat dan refleksi apakah selama ini saya sudah mengajar dengan benar?. Jangankan permasalahan kedaulatan NKRI bahkan pulau-pulau di Indonesia saja mereka tidak tahu di mana letaknya. Sebelumnya saya ingin menggaris bawahi bahwa saya tidak menyalahkan atau mengoreksi pendidikan sebelumnya. Karena kita harus memahami bahwa daya tangkap masing-masing siswa tentu berbeda dan banyak faktor pendukung di dalamnya.  

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun