Anak-anak yang dianggap kelainan kurang perhatian atau Attention Deficit Disorder (ADD) seringkali dianggap masalah di sekolah-sekolah. Bermasalah karena anak-anak ADD sulit untuk mengikuti alur kegiatan sekolah, seperti memperhatikan guru terus-menerus, duduk diam dan tenang, rapih, mengikuti instruksi dari guru kelas, dan mengerjakan tugas secara teratur. Banyak sekali anak-anak ADD yang tidak diterima di sekolah-sekolah umum / reguler karena alasan tersebut. Mereka biasanya bisa diterima di sekolah khusus yang dapat menangani anak ADD. Bahkan beberapa anak sampai dimasukkan di Rumah Sakit Jiwa. Mungkin sekolah dan guru pada umumnya  bukannya tidak mau menerima mereka, hanya saja mayoritas guru belum mengerti bagaimana cara menangani anak-anak ADD. Mungkin jika mayoritas guru menguasai keilmuan mengenai pengajaran anak berkebutuhan khusus, anak-anak ADD akan bisa bersekolah dengan leluasa seperti anak-anak pada umumnya. Itulah yang menjadi impian kita semua. Mari kita bermimpi untuk berharap agar mayoritas guru menguasai keilmuan tentang anak-anak ADD, di samping keilmuan mereka masing-masing.
KEMBALI KE ARTIKEL