“turning point in history life”, seperti inilah devinisi krisis, yaitu sebagai titik balik dalam kehidupan yang sangat signifikan di mana akan memberikan juga dampak yang sangat signifikan baik itu dampak negatif maupun positif. tergantung Bagaimana reaksi dari cara pandang sebuah krisis itu sendiri. seperti halnya faktor-faktor penyebab dari krisis yang dikemukakan oleh Firsan Nova dalam bukunya bagaimana Public Relation (Humas) menangani krisis perusahaan. Itu dapat terjadi diantaranya ada 11 faktor penyebab, yang salah satunya adalah krisis public relation.
sehubungan dengan adanya bencana non alam yang sedang terjadi di Indonesia saat ini yaitu adanya virus Covid 19 atau disebut juga dengan virus Corona yang berasal dari salah satu kota di Cina yaitu Kota Wuhan sehingga menyebabkan banyak orang terinfeksi dan berdampak bahkan sampai kepada kematian. virus ini memang menular dan menyebar sangat cepat, juga belum ditemukan vaksinnya ataupun obat untuk menyembuhkan atau menangkal virus tersebut. dikarenakan ketidaksiapan masyarakat Cina karena virus ini datangnya secara tiba-tiba seperti yang kita tahu di berita-berita di televisi ataupun media informasi lainnya.
jika dihubungkan dengan faktor penyebab dari krisis perusahaan yang dikemukakan oleh Firsan Nova yang telah disebutkan diatas. maka saat ini Indonesia sedang mengalami krisis public relation atau krisis komunikasi. Mengapa demikian?. Indonesia memang sudah mengetahui virus Corona tersebut, karena bukan sebagai negara yang pertama mengalaminya. Tetapi mengapa Indonesia dianggap belum siap dalam menghadapi bencana non alam ini, diantaranya karena adanya pemberitaan di media yang menganggap bahwa Indonesia merupakan negara yang aman korona dan itu merupakan sebuah kesombongan dari bangsa Indonesia. tetapi nyatanya sampai saat ini ditemukan lebih dari 100 kasus orang yang terkena virus Corona tersebut. maka beredarlah berita di media sosial ataupun media informasi lainnya yang seolah membuat masyarakat sangat ketakutan dan banyak yang menimbun barang barang pencegah korona seperti masker dan hand sanitizer.
imbasnya adalah semakin Tinggi harga masker dan juga hand sanitizer dan juga banyak orang yang membutuhkan tetapi tidak tersedia di tempat yang biasa menyediakan barang-barang tersebut. maka seharusnya Indonesia membenahi komunikasi ini supaya dapat mengatasi atau mencegah korona dengan cara bijaksana dan ada rasa solidaritas kepada sesama masyarakat Indonesia, dalam mencegah ataupun menghadapi virus Corona ini.