Tulisan dengan judul Belajar abad 21 pada Kurikulum 2013 (K13) sengaja disampaikan dalam artikel ini menjawab pada kritik mas Nadine di awal menjabat sebagai mendikbud ristek bahwa K13 hanya menekankan pada pembelajaran pada aspek mengetahui, menurutnya penilaiannya hanya bersifat recall. Padahal dalam dimensi Struktur Isi Mata pelajaran (Mapel) secara otomatis memuat belajar fakta, Konsep, Prosedur dan Metakognitif, sesuai karakteristik mapel nya, dan domain belajar meliputi : Mengetahui, Memahami, menerapkan, analisa, Sintesa, evaluasi dan mencipta. Proses pembelajarannya menggunakan pendekatan Ilmiah (
scientific approach) yang lebih dikenal dengan 5M (
Mengamati : identifikasi masalah,
Menanya: rumusan masalah,
Mengolah: mengambil data dan menganalisis,
Menalar : menyimpulkan hasil penelitian dan
Menyajikan: mempresentasikan hasil penelitian. Proses pembelajarannya menggunakan berbagai model, apakah,
discovery learning, inquiry based learning, Problem Based learning, Project based learning sampai pada
teaching factory based learning begitupula evaluasinya sesuai dengan model yang dipilih guru.
KEMBALI KE ARTIKEL