Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Tata Cara Perencanaan Bisnis Cafe

29 Juni 2024   20:01 Diperbarui: 29 Juni 2024   20:06 88 0
ANALISIS PASAR
A. STRATEGI PEMASARAN
Strategi yang akan kami terapkan di Starlight Japanese Food yaitu :
Membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan
menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
Memasang iklan di dunia internet khususnya social media seperti facebook, twitter, instagram
yang banyak di ketahui oleh para kaula muda.
Membuat katalog yang berisikan tentang keadaan Starlight Japanese Food dan berbagai
macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.
Menjaga cita rasa hidangan dan memberikan pelayanan yang memuaskan.
Mounth to Mounth, yaitu promosi melalui para kosumen yang sudah datang dan merasakan
pelayan di tempat kami. Jika mereka puas dengan pelayanan kami, maka mereka akan
menyebarluaskan berita tersebut. Secara tidak langsung para konsumen sudah membantu dalam
proses promosi.

B. TARGET / SEGMEN PASAR YANG DITUJU
Starlight Japanese Food ini membidik semua kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan
menengah kebawah seperti para Kaula muda dan mahasiswa dengan pemberian harga yang
terjangkau dan tidak menyulitkan tetapi juga tidan mengesampingkan kualitas produk sebagai
tujuan utama kedai kami.

C. ANALISIS SWOT
a) Strenghts (kekuatan)
Harga terjangkau
Harga yang dipatok untuk makanan dan minuman di Starlight Japanese Food cukup beragam,
namun tetap ramah di kantong. Kami mematok mulai harga Rp. 10.000.
Kualitas baik dan terjamin
Memiliki ciri khas
Fasilitas memadai
Kenyamanan akan diraih jika penyediaan fasilitasnta lengkap, maka hal itu lah yang kami
prioritaskan.
Tempat yang bersih dan nyaman
Sehingga Pelanggan tidak was-was dalam menikamati makanan maupun minuman di caf kami.
Dan pelanggan akan merasa betah berlama-lama.
Pelayanan yang memuaskan
Kepuasan anda merupakan prioritas kami, kami menjunjung tinggi "Service with love" dan
menomorsatukan pelanggan. Hal ini kami jamin karena proses perekrutan karyawan sangatlah
kami perhatikan
Lokasi yang strategis
Kami telah memilih tempat usaha kami di pusat kota Malang yang mana lokasi ini merupakan
tempat yang ramai dengan aktifitas masyarakat.
b) Weakness (kelemahan)
Keberadaan bahan baku yang baik dan berkualitas sangat minim
Kami harus selalu menyeleksi apa yang akan kami gunakan untuk kualitas produk kami. Serta
kurangnya ahli/juru masak khas masakan korea.
c) Oportunities (peluang)
Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda yang begitu menggemari Japanesse Food.
Permintaan pasar yang selalu meningkat.
d) Threats (ancaman)
Akan ada banyak Caffe yang akan didirikan dengan harga, menu makanan dan minuman yang
bersaing. Selain faktor dari minuman itu sendiri, faktor cuaca dan musim juga menjadi problema
yang sulit. Berikut adalah ancaman-ancaman lainnya :
Muncul produk baru yang lebih unggul.
Kenaikan harga bahan baku karena terbatas.
Adanya kompetitor yang lebih dikenal masyarakat.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun