Sampang, 02 Desember 2024 -Salah satu mahasiswa  Universitas Alma Ata Yogyakarta prodi Sistem informasi yang berkesempatan untuk melaksanakan magang di Kantor Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang. Terhitung dari tanggal 02 September 2024 - 02 Desember 2024 dalam bentuk magang kerja dengan bimbingan dari dosen Asti Ratnasari, S.Kom.,M.Kom dan pembimbing lapangan Maulita Tri Ambarwati, S.Sos.M.Si.Untuk pelaksanaan magang selama 5 hari kerja mulai dari pukul 07.15-16.30 WIB.
Pelayanan administrasi kependudukan adalah layanan yang diberikan oleh pemerintah tugasnya untuk mengelola dokumen administrasi penduduk. Tujuan dari layanan ini adalah untuk memberikan keamanan hukum dan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Dokumen-dokumen ini mencakup data pribadi warga yang penting untuk berbagai kebutuhan, seperti hak-hak pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan lainnya. Beberapa jenis layanan administrasi kependudukan adalah sebagai berikut: Pembuatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Nikah perekaman Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP), Layanan Pindah Datang Penduduk bertanggung jawab atas perpindahan domisili seseorang dan sebagainya.
Dalam pelaksanaan magang di Kantor Kecamatan Kedungdung, saya ditugaskan sebagai salah satu bagian tim pelayanan bertugas untuk melayani masyarakat, pelayanan Administrasi Kependudukan, membantu pembuatan Perekaman E-KTP dan juga mengarahkan masyarakat mengisi sukma e, membuat mahasiswa harus mampu beradaptasi, berkomunikasi dan bekerja secara tim.
Pelaksanaan magang selama kurang lebih 3 bulan ini sangat berkesan karena memberikan pengalaman yang luar biasa bagi saya. Melalui program magang ini, saya dapat menambah pengalaman belajar diluar kelas, bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat. Program magang ini juga memberikan banyak pengalaman berharga tentang dunia kerja yang sesungguhnya. Melalui berbagai aktivitas dan tugas yang saya jalani, saya dapat merasakan secara langsung pekerjaan yang dilakukan sehari-haru, kedisiplinan yang harus diterapkan, tanggung jawab yang harus dipenuhi, dan keterampilan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam dunia kerja, seperti kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat atau rekan kerja, kemampuan beradaptasi, kerja tim, dan kemampuannya untuk berfikir kritis. Saya berharap pengalaman magang di Kantor Kecamatan Kedungdung ini menjadi bekal yang bermanfaat bagi saya agar lebih siap memasuki dunia kerja di masa mendatang.