Menurut Kittleson (2019), kesehatan mental adalah keadaan psikologis, emosional, dan sosial yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku individu. Kesejahteraan siswa dalam konteks kehidupan pendidikan mereka bergantung pada kesehatan mental mereka. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki kesehatan mental yang baik akan lebih bahagia, memiliki interaksi sosial yang lebih positif, lebih mampu menangani stres, dan berprestasi lebih baik secara akademis (Perera & Wheeler,2021). Penelitian lain menunjukkan bahwa kesehatan mental yang baik dapat berdampak pada kepuasan, interaksi sosial yang positif, dan keterampilan manajemen stres (Jiang et al,2019). Oleh karena itu, mendorong kesehatan mental siswa bukanlah sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan yang mendesak untuk mengembangkan lingkungan belajar yang lebih ideal. Meningkatkan pengetahuan siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan mental mereka dimulai dengan pendidikan kesehatan mental (Mulyani & Habib, 2020). Pembelajaran  pendidikan kesehatan mental harus terus dilakukan karena siswa menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah. Sekolah dapat memberikan lingkungan yang mendukung secara emosional kepada siswa dengan menerapkan pendidikan kesehatan mental (Nuroch & Habib, 2020).
KEMBALI KE ARTIKEL