Bepergian menggunakan pesawat udara, menyebabkan kita memiliki banyak pengalaman tentang beberapa bandara, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
Bandara adalah fasilitas transportasi udara yang menyediakan layanan untuk penumpang dan kargo. Tentunya setiap bandara memiliki layanan yang berbeda-beda. Semua itu ditentukan oleh ukuran, lokasi dan operatornya.
Secara prinsip ada beberapa layanan inti seperti:
- Layanan penumpang
Dari mulai check in, imigrasi, bea cukai, pengambilan bagasi, dan keamanan.
- Layanan kargo
Mengatur pengiriman dan penyerahan kargo.
- Layanan darat
Transportasi menuju bandara, seperti taksi, bus, kereta api, dan pengaturan parkir baik untuk pengantar / penjemput serta parkir menginap.
- Layanan udara
Pengaturan jadual terbang, navigasi dan komunikasi.
Dasar perbedaan antara bandara satu dengan lainnya, adalah :
1. Fasilitas
Ukuran dan kualitas bandara dalam melakukan pengaturan parkir pesawat, landasan pacu dan apron.
2. Teknologi
Penggunaan teknologi yang canggih akan mrmpercepat sistem check in, dan pengaturan bagasi. Penggunaan otomatisasi tentu lebih memuaskan.
3. Kenyamanan
Fasilitas hiburan, restoran, toko-toko, Â kamar mandi, toilet, Â area istirahat, jarang delay, serta ada / tidaknya garba rata.
4. Keamanan
Kesigapan penjaga dalam mengawasi lalu lalang orang di bandara.
5. Harga
Beaya parkir dan beaya untuk menuju bandara.
6. Aksesibilitas
Lokasi bandara mudah diakses, tidak macet, tidak ada genangan saat hujan.
7. Kualitas layanan
Keramahan staf, kecepatan check in dan pengambilan bagasi.
Tentunya, kita bisa merasakan bedanya layanan di bandara Soekarno Hatta, Ngurah Rai, Sam Ratulangi, LAX, Changi, atau Dubai.
Adapun faktor utama yang membedakan layanan tiap-tiap bandara adalah lokasi,, ukuran, operator, anggaran, dan regulasi.
Nah, dari pengalaman kita selama ini, bandara mana yang kita nobatkan sebagai bandara terbaik?
Semoga operator bandara terus menerus melakukan perbaikan layanan, guna kepuasan pelanggan.
Selamat terbang.