Sulit bagi kami, anak-anaknya, mengerti mengapa ibu kesengsem kepada mereka.  Tetapi, berangsur-angsur kami memahaminya. Mereka adalah penyanyi-penyanyi terbaik pada masanya. Bahkan, meski usianya sudah hampir tiga perempat abad, satu diantaranya, masih tampil di layar kaca. Dia adalah Bob Tutupoly.
Penyanyi berdarah Ambon yang lahir dan besar di Surabaya itu, mempunyai suara khas yang disebut sebagai "serak-serak basah". Dia dijuluki Harry Belafonte dari timur. Itu merujuk ke seorang penyanyi terkenal Afrika-Amerika yang juga dikenal sebagai aktivis politik melawan diskriminasi rasial. Lagu yang populer dibawakannya adalah "Matilda".
Meski banyak lagu, yang kini sudah masuk kategori "tembang kenangan", tak disangkal kalau "Widuri" merupakan master piece sang idola.   Syair lagu yang memuja seorang gadis dengan nama yang sama dengan judul lagu itu, bahkan masih dinyanyikan banyak orang hingga kini. Selain itu, beberapa lagu Bob yang menjadi top hits adalah "Tinggi Gunung Seribu Janji", "Kerinduan", "Jangan Pernah Berkata Benci", dan "Tiada Maaf Bagimu".
"Tinggi Gunung Seribu Janji" adalah tembang favorit ibu saya. Entah karena liriknya, atau lagunya, atau keduanya. Tapi dugaan saya, ibu menggemarinya lebih kepada iramanya yang manis dan lembut. Meski liriknya tak kalah puitis dan romantis. Coba simak penggalannya.
Memang lidah tak bertulang, tak berbekas kata-kata. Tinggi gunung seribu janji, lain di bibir lain di hati.
Bob sedang bersenandung mengingat kasihnya yang ingkar. Meski janji pergi tak lama, namun ternyata dia tak kembali. Lidah memang tak bertulang. Jadi, ucapan apa pun, bisa dengan mudah ditarik kembali. Entah dibatalkan atau begitu saja diingkari.
Memegang teguh janji, nampaknya bukan perkara mudah. Dalam beberapa kasus, ia membutuhkan pengorbanan. Kadang harus mengalahkan kepentingan diri, agar janji bisa ditepati. Tapi, itulah resiko janji. Ia harus ditunaikan.
Meski tak punya kekuatan hukum mengikat, janji mempunyai kewajiban moral dan etis yang tak boleh begitu saja diingkari. Janji adalah hutang, yang harus dilunaskan, dengan cara apa pun, sampai kapan pun. Membatalkan sepihak, identik dengan pengingkaran.
Lebih dalam dari itu, janji di kalangan bisnis adalah batu fondasi dari trust. Sementara trust menjadi dasar dari kelangsungan relasi selanjutnya. Dunia profesional bahkan menuntut orang memenuhi janjinya, hingga ke ketepatan waktu dan syarat yang diucapkan saat ia dibuat. Sulit diingkari bahwa komitmen akan janji menjadi ciri dari si pembuatnya.  Pengingkar janji sulit menjadi profesional handal atau pengusaha kredibel.
Pemenuhan janji juga menjadi tanda bagaimana seseorang memberi penghargaan dan penghormatan kepada partnernya.   Janji dengan atasan, tak sedetik pun akan terlambat. Itu tanda rasa hormat ada di sana. Meski bisa jadi didasarkan "hanya" pada rasa takut akan kehilangan harta, pekerjaan atau posisi. Terhadap orang yang tidak berpengaruh, komitmen itu mudah ditekuk, dan disimpan di kantong celana dalam-dalam. Ia mudah luntur, gampang terkubur, sepele digusur. Toh resiko dan akibatnya tidak ada. Disitulah kemudian sikap meremehkan terbaca dengan mudah. Penghargaan terhadap seseorang ditandai dari komitmen dalam memenuhi janji. Kalau ingkar, itu isyarat bahwa rasa hormat dan menghargai juga tiada.
Celakanya, dunia semakin materialistis. Penghargaan terhadap sesama lebih didasarkan pada hal-hal yang wadag. Bertumpu pada sesuatu yang kelihatan, dan ekstrinsik. Ia bisa pangkat, harta, kekuasaan atau kepandaian. Saat seseorang hilang kuasanya, tak aneh bila mereka, yang semula (seolah) menghormatinya, kemudian terbirit-birit menjauh. Penghargaan yang dulu seolah melekat, bisa hilang begitu saja.  Peristiwa sejarah dalam kehidupan berbangsa dan kitab suci Perjanjian Baru, mencatatnya.
Harmoko, yang baru 1 tahun "diangkat" kembali pak Harto menjadi ketua MPR, (setelah bertahun-tahun sebelumnya menjadi abdi yang setia) demikian mudah berbalik saat melihat kedudukan bosnya goyah. Sementara Yudas Iskariot, bahkan "menjual" Yesus kepada kaum Parisi dan imam-imam kepala. Yudas, si mata duitan, 1 dari 11 murid pertama Yesus, lebih senang menggenggam pundi-pundi mata uang katimbang tetap ikut Gurunya. Dia merasa, Sang Guru tak memberi apa-apa dalam wujud dunia, hingga boleh dikhianati dan ditukar duit. Dia berbalik saat melihat musuh-musuh semakin ofensif dan akan menang.  Hukum dunia - suka atau tak suka, setuju atau tak setuju - harus ditelan. Saya, anda, kita semua, entah sudah, sekarang atau nanti, bisa dengan mudah merasakannya.
Dengan bersenandung, Bob Tutupoly menasehatkan tentang lidah yang mudah ditekuk. Kata-kata yang terucap bisa dibolak-balik. Masuk akal, karena lidah memang tak bertulang. Sementara Harmoko minta pak Harto mundur dengan arif dan bijaksana. Atau Yudas yang malah menukar Sang Penyelamat dengan kepingan mata uang dan ciuman khianatnya, yang kemudian terkenal sebagai sifat asli manusia. Mereka menjadi pengingat bahwa benang merah antara menepati janji, penghargaan terhadap sesama dan memuja kekuasaan duniawi, terjalin kait-mengkait, saling mempengaruhi.  Bila yang satu hilang, yang lain akan sirna.  Manusia masih saja melakukannya, meski ingkar janji dikecam dalam berbagai cara. Contoh nyata diriwayatkan Hadis Al Bukhari (34).
Diriwayatkan oleh Abdullah bin Amru, berkata : Rasulullah pernah bersabda, "Ada empat hal yang barang siapa menjalaninya, maka dia benar-benar orang munafik dan barang siapa dirinya kosong dari empat hal itu maka dia kosong dari kemunafikan sehingga dia meninggalkannya : 1. Apabila berbicara dusta. 2. Apabila membuat kesepakatan tidak dia tepati. 3. Apabila berjanji, dia ingkar. 4. Apabila berdebat dia tidak jujur".
*/Sugeng (Bahasa Jawa) = sehat