Lihat harga landak di atas
Lihat harga Sugar Glider.
Bersaing merebut pasar. Tidak jarang pedagang adu jotos/berkelahi karena rebutan pelanggan. Sebenarnya semua pedagang rebutan pelanggan, hanya saja caranya yang beda: ada yang bijak, ada yang tidak. Yang bijak, misalnya, dengan melayani pelanggan dengan baik, memberi hadiah/undian, murah senyum, dsb. Sedangkan yang tidak ramah, misalnya, dengan magic (Masih saya temui), memfitnah pedagang lain, dan sebagainya.
Di pasar online
sering sekali terjadi. Pernah suatu ketika
ada rekan penjual online promo
jasa instal software
dengan tarif sekian rupiah, tak lama kemudian
ada yang share
dengan manfaat yang sama dengan produkÂ
tersebut "Software gratis,". Kontan saja si penjual pertama marah. Untungnya di facebook, tidak sampai terjadi perang. Sebagai pecinta binatang, saya selalu mengamati harga-harga berbagai jenis binatang hias di toko-toko online, group-group jual beli bintang, dan group-group pecinta bintang. Saya senang sekali ketika seorang rekan peternak menasehati kepada salah seorang penjual yang terlalu murah ngasih harga, "Sebaiknya dihibahkan saja, biar tidak merusak pasar," sarannya. Luar biasa. Tidak jarang memang para pecinta binatang menghibahkan atau semi-hibah kepada para pecinta binatang juga. Yang
penting binatangnya disayang. Keadaan demikian sebenarnya berdampak positif, yakni membuat orang menjadi kreatif, karena dituntut selalu mengamati pergerakan naik turunnya pasar dan sehat-tidaknya persaingan.
Dampak negatifnya, ....*"Gk
usah dipikir..."
KEMBALI KE ARTIKEL