Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Belajar atau Belajar????

19 November 2010   11:46 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:28 342 0

Pasti sudah sering terdengar ditelinga kita istilah itu, menurut anggapan banyak orang belajar adalah proses yang terjadi dalam otak manusia. Saraf dan sel-sel otak yang bekerja mengumpulkan semua yang dilihat oleh mata, didengar oleh telinga, dan lain-lain, lantas disusun oleh otak sebagai hasil belajar. Itulah sebabnya, orang tidak bisa belajar jika fungsi otaknya terganggu. Pengertian belajar memang selalu berkaitan dengan perubahan, baik yang meliputi keseluruhan tingkah laku individu maupun yang hanya terjadi pada beberapa aspek dari kepribadian individu. Perubahan ini dengan sendirinya dialami tiap-tiap individu atau manusia, terutama hanya sekali sejak manusia dilahirkan. Sejak saat itu, terjadiperubahan-perubahan dalam arti perkembangan melalui fase-fasenya. Dan karena itu pula, sejak itu berlangsung proses-proses belajar.

Dimana prinsip-prinsip belajar itu sendiri meliputi: pengalaman, penemuan diri sendiri, konsekuensi, proses kerja sama atau kolaborasi, proses evolusi, perubahan kebiasaan, emosional dan intelektual dan Individual dan unik. Belajar sebagai proses terpadu berarti proses yang menyangkut semua aspek yaitu aspek fisik, sosial, emosional, intelektual, dan moral dapat terlibat secara aktif ketika kegiatan belajar itu sedang berlangsung. Dalam proses psikologis belajar anak terdapat beberapa teori diantaranya yaitu Teori behavioral dimana teori ini membahas mengenai Classical conditioning, Operant conditioning, Pembentukan kebiasaan dan Peniruan. Selanjut Teori Kognitif dimana teori ini memandang perbedaan pandangankognitif dan behavioral serta pengetahuan dan pandangan kognitif. Selain itu ada Teori Perkembangan Kognitif dimana belajar dimulai dari tahap perkembangan pikiran piaget dan Teori perkembangan kognitif vigotsky setelah itu terjadilah pemrosesan informasi.

Jenis-jenis belajar dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan dan hasil yang diperoleh dari kegiatan belajar, cara atau proses yang ditempuh dalam belajar, teknik atau metode belajar, dan sebagainya. Perkembangan atas pengelompokkan jenis belajar ini muncul dalam dunia pendidikan sejalan dengan kebutuhan kehidupan manusia yang juga bermacam-macam. Dilihat dari tujuan yang diperoleh dari kegiatan belajar ada delapan jenis belajar diantaranya ialah belajar abstrak,belajar keterampilan, belajar social, belajar pemecahan masalah, belajar rasional, belajar kebiasaan, belajar apresiasi, dan belajar pengetahuan. Selain itu terdapat lima jenis belajar lagi yaitu belajar berdasarkan pengamatan, belajar berdasarkan gerak, belajar berdasarkan menghafal, belajar berdasarkan pemecahan masalah, dan belajar berdasarkan emosi.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun