Perilaku konsumen dalam beberapa dekade terakhir telah mengalami perubahan yang signifikan. Perkembangan teknologi dan globalisasi telah menjadi faktor utama yang memberikan dampak signifikan terhadap perubahan perilaku konsumen. Namun, tidak ada yang dapat memprediksi dampak pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2020. Seperti yang telah di ketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 telah mengguncang dunia dan berdampak besar di berbagai sektor kehidupan. Dampak pandemi tersebut meluas ke berbagai sektor, baik ekonomi, pendidikan, kesehatan, pariwisata, lingkungan, bahkan juga memberikan dampak yang signifikan pada perilaku konsumen di seluruh dunia. Dari era pra-pandemi ke era pasca-pandemi Covid-19, evolusi perilaku konsumen menjadi semakin kompleks dan dinamis, seperti dalam hal perubahan pola konsumsi, kecenderungan pembelian online, serta perubahan preferensi dalam produk dan layanan. Lalu, bagaimana evolusi perilaku konsumen dari era pra-pandemi ke era pasca-pandemi Covid-19?
KEMBALI KE ARTIKEL