Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora

Pendidikan: Pembelajaran Bermodel

29 April 2016   14:00 Diperbarui: 29 April 2016   14:14 80 0
Dalam sebuah kehidupan begitu banyak arti dari sebuah pendidikan. Pendidikan tidak hanya di dapat melalui sebuah pengajaran secara formal di dalam ruangan. Di Indonesia sendiri pendidikan menjadi salah satu tujuan Negara, dimana terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 yakni “…mencerdasakan kehidupan bangsa...” Pendidikan merupakan proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesame manusia. Jhon Dewey dalam Faturrahman, dkk (2012:1) Sedangakan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan dalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dl usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik (KBBI Offline1.5) Begitu banyak pendapat mengenai apa itu pendidikan, namun secara garis besar dapat disimpulkan bahawa pendidikan merupakan sebuah cara untuk membentuk ataupun merubah sebuah tata kelakuan, sikap dan perilaku seseorang ataupun banyak orang baik secara intelektual dan emosional melalui pengajaran, pelatihan dan perbuatan. Dalam dunia pendidikan, ada berbagai bentuk Ilmu pengetahuan yang menjadi pokok pembelajran bagi peserta didik. Selalu ada sudut pandang yang berbeda mengenai makna dari sebuah pembelajran ilmu pengetahun kepada peserta didik, dimana misalkan dalam sudut pandang sosiologi, memandang pendidikan dari aspek social, Antrophologi memandang pendidikan dari enkulturasinya. Dari segi psikologi memandang pendidikan dari aspek tingkah laku individu. Dan dari segi ilmu ekonomi, pendidikan dipandang sebagai cara instan untuk memahami usaha penanaman modal yang dapat meningkatakan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. (Faturrahman, dkk. 2012:5) Dalam dunia pendidikan setiap pendidik memiliki caranya sendiri untuk merubah bahkan membentuk kepribadian dan kemampuan kognitif siswa melalui berbagai model pembelajaran bahkan dengan berbagai pendekatan. Menurut Wenger dalam Huda (2015: 2) “Pembelajaran bukanlah aktivitas, sesuatu yang dilakukan oleh sesorang ketika ia tidak melakukan aktivitas yang lain. Pembelajaran juga bukanlah sesuatu yang berhenti dilakukan oleh seseorang. Lebih dari itu, pembelajaran bisa terjadi dimana saja dan pada level yang berbeda-beda, secara individual, kolektif, ataupun social.” Salah satu bentuk pembelajaran adalah pemerosesan informasi. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun