Penilaian merupakan proses pengukuran atas hasil dari kegiatan belajar anak selama proses belajar mengajar khususnya di lembaga pendidikan. Pengetahuan, keterampilan, kompetensi sikap spiritual dan juga sosial merupakan aspek-aspek yang dinilai selama proses belajar anak. Berbagai informasi mengenai kemajuan anak ini merupakan hasil belajar yang perlu disampaikan kepada orang tua anak didik. Dengan diperolehnya berbagai informasi tentang anak, orang tua dan guru memperoleh gambaran capaian hasil belajar anak.
Istilah evaluasi dibagi menjadi dua yaitu, evaluasi penilaian formatif dan evaluasi penialaian sumatif (Arends, 2013). Evaluasi penilaian formatif yakni penilaian yang dikumpulkan sebelum atau selama pengajaran serta dimaksudkan untuk menginformasikan kepada guru mengenai pengetahuan dan keterampilan awal siswa dan untuk membantu perencanaan guru dan pengambilan keputusan. Informasi dari penilain formatif ini tidak digunakan untuk tujuan evaluative, melainkan dalam membuat keputusan mengenai pekerjaan siswa.