Menurut  Greenstein (Fitri  et  al.,  2018)bahwa pada abad 21 keterampilan berpikir kritis yang diperlukan yaituberpikir kritis, krativitas, sertapemecahan masalah. Menurut Unaenah (2019)Berpikir kritis adalah keterampilan dalam berpikir dengan menggunakan proses menganalisis dan mengevaluasi suatu masalah sehingga menghasilkan  keputusan  yang  tepat  dalam memecahkan  masalah  tersebut.Salah  satu  model  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  karakter  saintifik sertakemampuan berpikir  kritis yaituProject  Based  Learning  (PjBL).  Model  Pembelajaran  PJBL yaitumodelpembelajaran  yang  menerapkanmasalah menjadi langkah  awal dalammemperoleh pengetahuan  baru  berlandaskan  terhadap  pengalaman  aktivitas  kehidupan yang  konkrit(Fahrezi  et  al.,  2020). PJBL  merupakan  proses  pembelajaran  yang  berfokus  terhadap  sistem pembelajaran  yang  relatif  panjang,  memusatkan  masalah sertamenggabungkankonsep  dari beberapa komponen, baik dari segi pengetahuan, dan disiplin ilmu (Pratiwi et al., 2018).  Dari beberapa pernyataan diatas, model pembelajaran PJBL bila diterapkan mampu meningkatkan siswa  untuk  berpikir  kritiskarena dalampenerapan  model  ini  dapat  mendorong  kreativitas, keterampilan bertanya, kemandirian,rasa tanggung jawab, rasa percaya diri, dan kemampuan berpikir.  Pada  penerapannya  ini  tidak  luput  dari  perencanaan  yang  menyesuaikan  dengan karakterisitik dan latar belakang siswa.Â
KEMBALI KE ARTIKEL