Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Bergesernya Teori Pembelajaran dari Masa ke Masa

12 November 2011   03:53 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:46 162 0

Dimulai dari pergeseran teori Behaviorisme.Behaviorisme pada hakikatnya memandang belajar sebagai interaksi stimulus-respon. Sehingga yang ditekankan disini ialah pada pemberian stimulus dan respon yang ditunjukkan peserta didik atas adanya pemberian stimulus tersebut. Keberhasilan pembelajaran beriklim behaviorisme dapat diamati secara konkret dengan memperhatikan perubahan tingkah laku yang ditunjukkan individu, sehingga apabila individu telah menunjukkan perubahan perilaku atas stimuli yang diberikan maka individu tersebut dikategorikan telah belajar. Selain itu, apabila individu telah memahami isi pengetahuan namun belum menunjukkan perubahan perilaku maka individu tersebut dikategorikan gagal atau belum belajar. Kekurangperhatian behaviorisme dalam menjelaskan pengukuran keberhasilan dan kegagalan pembelajaran menjadikan teori ini dianggap jauh dari komplet dan digeser oleh teori lain yang lebih maju.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun