Pendidikan berkualitas bagi masyarakat masyarakat adalah keadaan pendidikan di Indonesia yang masih harus ditingkatkan hingga kini. Karena kurikulum di Indonesia dilaporkan masih kalah dengan kurikulum di negara lain, maka Pemerintah juga harus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di sana. Ini termasuk meningkatkan standar untuk pengajaran, pembelajaran, dan fakultas, serta untuk siswa dan orang tua. Untuk meningkatkan kualitas dan keberagaman pendidikan di Indonesia, guru mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pendidikan yang ketat dan tidak memihak kepada siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, guru juga mempunyai rencana untuk menaikkan standar di Indonesia karena siswa yang memiliki standar yang tinggi adalah keturunan dari guru yang memiliki standar yang tinggi pula. Oleh karena itu, kebutuhan akan mentor profesional saat ini sangat besar, terutama untuk meningkatkan standar pendidikan di daerah pedesaan dimana akses terhadap teknologi terbatas.
Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia masih kurang meluas dan masih banyak masyarakat yang tidak dapat memenuhi haknya dalam memperoleh pendidikan dan kehidupan yang layak pada era revolusi industri 4.0 serba modern seperti saat ini. Di bidang pendidikan, "Revolusi Industri 4.0" merupakan respon terhadap kebutuhan untuk menghasilkan individu yang inovatif dan kreatif (Sasikirana, & Herlambang, 2020). Dengan bantuan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang masuk dalam agenda pembangunan Majelis Umum PBB tahun 2030, permasalahan pendidikan di Indonesia harus teratasi. Indonesia terus bergelut dengan sejumlah permasalahan pendidikan yang berdampak pada tidak dapat diandalkannya sistem pendidikan di negara ini.
Berdasarkan hal tersebut, pemerintah provinsi lain harus berpartisipasi aktif dalam inisiatif tersebut di atas agar pendidikan Indonesia maju dari sisi kualitas dan memenuhi tujuan SDG yaitu peningkatan kualitas pendidikan yang akhir-akhir ini dialami di sejumlah provinsi. Provinsi lain dapat maju dengan memasukkan inisiatif terkait SDG dari negara tetangga. Mencermati kualitas pendidikan di Indonesia secara keseluruhan yang belum membaik dan banyak permasalahan yang muncul. Untuk mengatasi permasalahan ini, sangat disarankan agar beberapa provinsi lain melaksanakan SDGs dan mencapai tujuannya, khususnya di bidang pendidikan, sehingga Indonesia menjadi negara yang lebih kuat baik dari sudut pandang politik maupun ekonomi. Sebab, orang-orang yang terpelajar dapat memajukan dan membangun suatu bangsa di kemudian hari. bangsa yang berkualitas yang lahir dari pendidikan.