Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Peran Guru dan Peluang Strategi Pembelajaran Berbasis Media Proyek (PBL) di SDN Mekarsari

14 Oktober 2024   09:44 Diperbarui: 14 Oktober 2024   09:53 53 0
Peran Guru dan Peluang Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek di SD
 
Pembelajaran berbasis proyek (PBL) menawarkan pendekatan inovatif yang memungkinkan siswa SD Mekarsari untuk belajar secara aktif, kreatif, dan bermakna. Peran guru dalam memfasilitasi PBL sangat penting untuk keberhasilannya, sementara peluang penerapannya di SD sangat luas.
 
Peran Guru dalam PBL di SD
 
Guru berperan sebagai fasilitator, pendamping, dan motivator dalam PBL. Mereka tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga membimbing siswa dalam proses belajar yang berpusat pada proyek. Berikut beberapa peran spesifik guru dalam PBL di SD:
 
- Merencanakan dan Mendesain Proyek: Guru harus memilih topik proyek yang relevan dengan kurikulum dan menarik minat siswa. Mereka juga perlu merancang langkah-langkah proyek yang jelas, menetapkan tujuan pembelajaran, dan menentukan penilaian yang sesuai.
- Memfasilitasi Proses Pembelajaran: Guru berperan sebagai pembimbing dan motivator, membantu siswa dalam mengumpulkan informasi, menyelesaikan masalah, dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan. Mereka juga perlu menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan mendukung.
- Menilai Kinerja Siswa: Penilaian dalam PBL tidak hanya fokus pada hasil akhir proyek, tetapi juga pada proses belajar siswa. Guru perlu menilai kemampuan siswa dalam bekerja sama, memecahkan masalah, berpikir kritis, dan mengomunikasikan ide-ide mereka.
- Membangun Keterlibatan Orang Tua: Guru dapat melibatkan orang tua dalam proyek siswa, misalnya dengan meminta mereka untuk memberikan dukungan, masukan, atau sumber daya. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap proyek.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun