Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Etika Pemasaran Islam

21 Desember 2021   21:22 Diperbarui: 21 Desember 2021   21:31 363 0
Pemasaran yaitu rencana atau strategi yang di lakukan semaksimal mungkin dalam mempromosikan produk yang dilakukan oleh perusahaan atau diri sendiri (Pedagang) .  pemasaran sangat penting karena berfungsi sebagai penentu keberhasilan bisinis atau usaha. Sumber daya manusia yang berfungsi memasarkan haruslah mempunyai kemampuan yang kompeten karena mereka lah yang menawarkan produk kepada konsumen. terdapat prinsip - prinsip yang mengatur pemasaran, diantaranya:

  1. Ikhtiar, adalah suatu usaha atau bahkan pengorbanan yang dilakukan secara maksimal untuk mendapatkan apa yang diharapkan dan tak lupa diiringi dengan doa agar mendapat kemudahan serta ridha dari Allah SWT.
  2. Manfaat, yaitu kegunaan yang dapat dirasakan oleh semuanya, baik oleh pelaku ataupun konsumen mengenai produk yang dipasarkan
  3. Amanah dan Tanggung Jawab, yaitu memegang teguh kepercyaan yang telah diberikan, menepati janji yang diberikan serta bertanggung jawab penuhn atas produk yang dipasarkan. tidak ada unsur kebohongan atau melebih-lebihan dari keunggulan produk tersebut.
  4. Nasihat, ketika memasarkan produk saran dan peringatan perlu diberikan agar konsumen merasa terarah dan aman
  5. Keadilan, Dalam berbisnis adil merupakan hukum yang wajib. Baik adil terhadap apa yang seharusnya didapatkan  konsumen maupun hak dari pelaku pemasar.  hal ini tidak  hanya imbauan dari Allah SWT. Dalam semua aspek ekonomi islam  sikap adil termasuk diantara nilai-nila yang telah ditetapkan.  
  6. Kejujuran, ketika melakukan pemasaran harus benar-benar tidak melakukan tipu daya. sikap jujur adalah kunci utaman dari keberhasilan berbisnis. informasi yang diberikan mengenai produk harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. tidak boleh adanya pengurangan atau dilebih lebihkan.
  7. Ikhlas dan Tulus, sikap ikhlas dan tulus harus dimilki oleh seseorang yang memasarkan produk. memiliki niat yang lurus tidak mempunyai itikad yang buruk atau merugikan orang lain.
  8. transparan atau keterbukaan, hal yang penting dalam pemasaran yaitu transparan atau keterbukaan. jujur dan terbuka antar sesama seperti karywan atau pemilik perusahaan, dari mulai hal terkecil atau terbesar pun tidak boleh ada yang ditutupi, apalagi dalam memasarkan produk keterbukaan kepada konsumen mengenai produk harus dilakukan.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun