Pendapat tokoh filsafat pendidikan rekonstruksionisme :
George F. Kneller (1984:195) membuat ikhtisar pandangan Michael W Apple tentang ideologi tersebut:
1. Pandangan Bahwa kemajuan itu tergantung dari sains dan industri.
2. Suatu kepercayaan dalam masyarakat agar orang mampu menyumbangkan jasanya dalam masyarakat kompetitif.
3. Kepercayaan bahwa hidup yang memadai sama dengan menghasilkan dan mengkonsumsikan barang dan jasa bagi masyarakat.
George S. Counts adalah seorang tokoh Rekontruksionalisme Sosial.
Counts mengecam pendidikan progresif karena telah gagal mengembangkan suatu teori kesejahteraan sosial dan ia menegaskan bahwa pendekatan pendidikan berpusat pada anak (the child centered approach).
Filsafat pendidikan aliran rekonstruksionisme adalah suatu aliran yang ingin merubah tatanan yang dulu menjadi tatanan baru melalui pendidikan yang bercorak modern seiring berkembangnya zaman akan mengalami pembaharuan.