Shofi Auliyah (06020324052)
UIN Sunan Ampel Surabaya ( Â shofiauliah05@gmail.com )
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode induksi beban pada MAN1 GRESIK. Penelitian ini memilih guru kelas, guru UKS dan pimpinan sekolah sebagai subjek. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berdasarkan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan inferensi. Untuk mencapai keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru dan pengelola sadar akan tanggung jawab siswa, (2) guru telah menanamkan tanggung jawab pada siswa dengan berperan sebagai wali, misalnya guru dan guru, (3) guru telah menciptakan lingkungan kelas yang demokratis , 4) guru telah menanamkan nilai tanggung jawab dalam kurikulum, (5) guru telah menanamkan tanggung jawab melalui pembelajaran kooperatif, dan (6) sekolah telah menciptakan budaya positif.
Kata Kunci :Sekolah, Guru, TanggungJawab, Kurikulum
A.Pendahuluan
Dalam konteks pendidikan, hubungan antara guru dan siswa/siswi adalah salah satu elemen kunci yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Tanggung jawab guru terhadap siswa dan tanggung jawab siswa terhadap guru saling terkait dan membentuk kerangka kerja yang harmonis dalam lingkungan sekolah. Keduanya memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang positif, produktif, dan mendukung perkembangan karakter serta akademik siswa.
Â