Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

KKN Back to Village III: Pemberdayaan UMKM Melalui Pelatihan Perhitungan HPP, Branding, dan Pemasaran Digital

3 September 2021   10:27 Diperbarui: 3 September 2021   10:31 309 1
Probolinggo - UMKM merupakan salah satu baris penggerak ekonomi yang dapat menunjukkan bahwa semakin tingginya angka UMKM maka semakin maju pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam rangka mencukupi kebutuhan. Akan tetapi, semenjak pandemi Covid-19 hingga saat ini memberikan dampak yang cukup besar terutama bagi pelaku UMKM. Banyak dari UMKM yang mengalami kesulitan dalam mempertahankan usahanya dikarenakan sepinya pembeli atau pendapatan yang tidak mencukupi biaya pengeluaran, sehingga berdampak pada menurunnya jumlah pelaku UMKM karena beberapa UMKM terpaksa menutup usahanya (gulung tikar). Kondisi ini merupakan sebuah tantangan bagi penggiat UMKM untuk mempertahankan usaha dengan meningkatkan skill dan kualitas produk agar dapat bersaing dengan produk yang lain. Sayangnya, banyak dari pelaku usaha yang masih belum memiliki pemahaman dan kemampuan terhadap pentingnya branding dan pemasaran digital bagi keberlangsungan usaha. Oleh karena itu, KKN Back to Village III Universitas Jember (http://unej.ac.id) hadir dengan salah satu tematiknya yaitu Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19 yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha atau mitra dalam menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan beberapa aspek yang masih kurang atau belum dimiliki UMKM tersebut.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun