Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Inovasi dan Perkembangan Produk Baru sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Produk

28 Maret 2022   13:33 Diperbarui: 28 Maret 2022   13:46 1507 1
Pada era perkembangan zaman yang semakin cepat dan berubah-ubah serta perkembangan teknologi dan variasi produk yang cepat dapat mempengaruhi perkembangan semua industri. Banyak pebisnis yang ingin meningkatkan kualitas produk demi mencapai kepuasan konsumen seperti peningkatan penjualan dan ekuitas merek yang menjadi tujuan utama perusahaan.Persaingan bisnis dengan tujuan peningkatan kualitas produk dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan melakukan inovasi dan pengembangan produk baru sebagai strateginya.

Inovasi menurut UU No. 19 tahun 2002 adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya. Menurut Sa'ud (2014) Inovasi adalah pilihan kreatif, pengaturan dan seperangkat manusia dan sumber-sumber material baru atau menggunakan cara unik yang akan menghasilkan peningkatan pencapaian tujuan-tujuan yang diharapkan.

Inovasi dapat digunakan sebagai strategi peningkatan kualitas produk yang tepat karena inovasi dapat menyelesaikan masalah yang diselesaikan dengan ide baru yang mana apabila inovasi berhasil dibuat dan dijalankan dengan baik, maka perbedaan kualitas produk pun akan terlihat. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun