Iya, seseorang yang menjadi garda terdepan dari suatu perusahaan, semacam Customer Service yang memberi pelayanan (dan penjelasan mengenai produk, jasa, maupun tentang perusahaan) kepada para pelanggan dengan segala pertanyaan juga keluh kesahnya, hanya saja melalui saluran telepon atau channel lain seperti media sosial, email, juga livechat.
Teman saya yang sudah berkutat selama tiga tahun sebagai petugas Call Center, bercerita tentang pengalaman dengan segala persoalan yang pernah dihadapi, baik suka maupun duka. Jadi, begini ceritanya..
Sebagai seseorang yang dituntut mengedepankan keramah-tamahan, kesabaran, juga smiling voice saat bekerja, bagi saya menjadi petugas Call Center betul-betul harus kuat segala-galanya, terutama mental. Lha gimana, pada saat mengangkat telepon dari pelanggan, petugas Call Center tidak tahu seperti apa karakternya.
Ditambah tidak bertatap muka, hanya mendengar suara atau berupa tulisan saja. Belum lagi ketika seorang petugas Call Center sudah ramah dalam menyapa, terkadang ada saja pelanggan yang langsung marah-marah karena suatu masalah yang sedang dihadapinya - berkaitan dengan produk atau jasa yang digunakan.