Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Cilok Kuah Sixkonomi || Tugas Kelompok (Kreativitias & Inovasi Bisnis)

16 Juni 2021   05:55 Diperbarui: 16 Juni 2021   05:57 413 1
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehandirat Tuhan YME yang telah
memberikan rahmat dan karunia-Nya  sehingga kami dapat menyelesaikan laporan
pembuatan produk makanan kreatif dan inovatif di STIE STEMBI Bandung tahun
2021 ini dengan lancar.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
sehingga laporan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Laporan ini masih jauh
dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat
kami harapkan demi sempurnanya laporan ini.
Semoga laporan ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat
untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

DAFTAR ISI

PERSETUJUAN PEMBUATAN PRODUK 2
SURAT PERNYATAAN 4
KEASLIAN PEMBUATAN PRODUK 4
KATA PENGANTAR 6
DAFTAR ISI 7
BAB I 8
PENDAHULUAN 8
1.1    Latar Belakang 8
BAB II 9
PEMBAHASAN KEGIATAN USAHA 9
2.1 Nama Produk 9
2.2 Keunggulan Produk dan keuinikan peroduk 9
2.3 Target Pasar 10
2.4 Pekiraan kemampuan produksi 11
2.5 Berapa banyak produk akan terserap pasar/produk terjual 11
2.6 Rincikan seberapa besar modal anda 11
2.7 Berapa harga jual produk dan keuntungannya 11

BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Di era globalisasi saat ini tentunya sangatlah sulit untuk mencari cemilan yang
unik dan sehat. Hal yang paling mungkin dilakukan adalah dengan cara membuat dan
menjualnya. Di sini kami mencoba untuk berwirausaha dengan menjalankan usaha
cemilan Cilok kuah. Jadi kami harapkan dengan usaha ini kami bisa mendapatkan
pendapatan lebih dan mampu membuka lapangan kerja baru bagi semua orang
(apabila sudah berkembang). Adapun untuk menjalankan usaha cemilan cilok kuah
ini juga terbilang tidak susah karena usaha inipun bisa kami mulai dengan modal
yang relatif ringan. Selain itu dengan melakukan sedikit inovasi terhadap
makanan  ini, maka kami rasa peluang usaha ini untuk kedepannya juga cukup
menjanjikan dan untuk bahan bakunya sendiri bisa dengan mudah kami dapatkan.

BAB II

PEMBAHASAN KEGIATAN USAHA

2.1 Nama Produk
(Produk cilok kuah sixkonomi)
Cilok adalah jajanan khas Bandung yang populer. Nama
cilok menggabungkan kata dari aci dan dicolok. Seiring perkembangannya kini cilok
sudah merambat dengan berbagai varian baru cilok kuah misalnya.
Cilok kuah merupakan salah satu produk makanan yang banyak digemari
konsumen. Rasanya yang gurih dan murahnya harga yang ditawarkan menjadikan
produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai anda bersama
rekan dan keluarga.
Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, kini cilok kuah mulai
diinovasikan berbagai varian isian didalamnya, seperti ada yang menggunakan
tambahan telor,tetelan cabai pada cilok kuah tersebut.
Walau sederhana, atau mungkin malah karena kesederhanaannya itu, cilok
menjadi salah satu makanan yang resepnya paling dicari di peramban Google
sepanjang 2017.kini cilok kuah banyak dicari konsumen dan menjadi salah satu
peluang bisnis menarik yang menjanjikan untung besar bagi pelakunya

2.2 Keunggulan Produk dan keuinikan peroduk
Cilok kuah ini memiliki kualitas yang baik karena dibuat dengan bahan-bahan
berkualitas tinggi dan dengan cara yang higienis dan memiliki ukuran yang sedikit
lebih besar pada umumnya.
1. Harga terjangkau,dibawah pasaran penjual lainnya.
2. Ciri khas rasa yang gurih dan pedas
3. Produk tahan hingga 7 hari

4. Bisa pesan antar ( cod )

2.3 Target Pasar
Target pasar penjualan cilok kuah ini adalah para mahasiswa, teman -- teman
terdekat, anak-anak sekolah,ibu-ibu dan tetangga -- tetangga disekitar rumah.
Promosi penjualan produk, dalam usaha ini kami mempromosikan produk
kami ini di tempat tempat ramai agar produk kami cepat terjual serta dengan promosi
di barbagai sosial media.
Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan saya lakukan :
1. Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung
bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di
jual.
2. Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi
cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini
orang banyak membuka internet seperti Whatsapp,Instagram serta Facebook.
3. Melalui pesan antar atau sering disebut delivery dan COD.
Kebutuhan Pasar :
Terhadap kebutuhan pangan di masyarakat terus meningkat. Kebutuhan akan
jajanan cilok kuah ini bisa dijadikan sebagai camilan setiap hari, jajan khas dan oleh-
oleh bagi keluarga. Bagi masyarakat produk cilok kuah merupakan produk yang
memiliki ciri khas tersendiri mulai dari rasa, penampilan dan bahan. Karena produk
cilok kuah diproses secara alami sehingga menghasilkan produk yang berkualitas
tinggi dan tanpa adanya bahan pengawet. Sehingga permintaan akan keripik pisang
semakin meningkat.

2.4 Pekiraan kemampuan produksi
Kami beusaha untuk mengoptimalkan bahan baku yang tersedia untuk
berproduksi semaksimal mungkin. Perkiraan dalam sehari membuat 70 cilok isi
pedas, 70 cilok isi telor, cilok kecil tanpa isi, yang nantinya akan menjadi 50 porsi.

2.5 Berapa banyak produk akan terserap pasar/produk terjual
Pada periode pertama penjualan produk cilok kuah sixkonomi yang berhasil
terjual yaitu sebanyak 25 bungkus. Lalu pada periode penjualan kedua berhasil terjual
sebanyak 40 bungkus. Dilihat dari banyaknya produk yang terjual selama periode
tersebut dapat dikatakan produk diterima denegn baik di pasar, terlihat dari adanya
peningkatan penjualan dari PO pertama dan kedua.
Untuk meningkatkan penjualan selanjutnya, kami menerapkan strategi pemasaran
sebagai berikut:
1.
2.6 Rincikan seberapa besar modal anda
Peralatan Masak - Dandang Besar - Wadah Plastik Ukuran 120 cm - Tungku Kompor - Panci
Kecil - Tabung LPG 12 Kg - Talenan - Centong Sayur Besar - Penjepit - Pisau - Ayakan -
Wadah Plastik Ukuran Rp. 200.000 Rp. 35.000 Rp. 130.000 Rp. 65.000 Rp. 400.000 Rp.
15.000 Rp. 15.000 Rp. 20.000 Rp. 15.000 Rp. 20.000 Rp. 30.000 Rp. 200.000 Rp. 35.000 Rp.
160.000 Rp. 130.000 Rp. 400.000 Rp. 30.000 Rp. 45.000 Rp. 40.000 Rp. 45.000 Rp. 40.000
Rp. 90.000 4. Cetak - X-Banner - Poster Rp. 120.000 Rp. 12.500 Rp. 240.000 Rp. 50.000
Total Rp. 2.582.500

2.7 Berapa harga jual produk dan keuntungannya
Laporan Laba -- Rugi PO 1 (17 Maret -21 Maret 2021)
Harga Cilok kuah per 1 bks Rp. 12.000
Harga jual cilok kuah per 1 bks Rp. 15.000

Jumlah yang terjual di PO -1 = 21 bks Rp. 311.000
Total Laba PO 1 (12.000 x 21 = Rp. 252.000) Rp. 59.000
karena di PO 1 ada 3 bks cilok yang di jual dengan harga Rp. 14.000

Laporan Laba -- Rugi PO 2 ( 22 Maret -- 26 Maret 2021)
Harga Cilok kuah per 1 bks Rp. 12.000
Harga jual cilok kuah per 1 bks Rp. 15.000
Jumlah yang terjual di PO -1 = 18 bks Rp. 270.000
Total Laba PO 1 (12.000 x 18 = Rp. 218.000) Rp. 54.000

Laporan Laba -- Rugi PO 3 ( 27 Maret -- 1 April 2021)
Harga Cilok kuah per 1 bks Rp. 12.000
Harga jual cilok kuah per 1 bks Rp. 15.000
Jumlah yang terjual di PO -1 = 15 bks Rp. 225.000
Total Laba PO 1 (12.000 x 15 = Rp. 180.000) Rp.45.000

Laporan Laba -- Rugi PO 4 ( 2 Apri;- 6 April 2021)
Harga Cilok kuah per 1 bks Rp. 12.000
Harga jual cilok kuah per 1 bks Rp. 15.000
Jumlah yang terjual di PO -1 = 14 bks Rp. 210.000
Total Laba PO 1 (12.000 x 21 = Rp. 168.000) Rp. 42.000

2.8 Jelaskan mengapa bisnis anda layak dan patut didukung
Karena dapat di lihat dari hasil penjualan dalam beberapa periode terus
meningkat yang artinya di terima dengan baik oleh masyarakat dan peminatnya bukan
hanya di kalangan anak muda saja tapi di kalangan orang tua dan anak anak juga

banyak peminat nya.jajanan ini juga termasuk jajanan kekinian sehingga layak dan
patut didukung.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun